Oleh Indra Arief Pribadi

Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadi tiga kali gempa susulan di Mamasa, Sulawesi Barat, pada Rabu dinihari dengan kekuatan kisaran 2,6 hingga 3,2 Skala Ritcher (SR).

Menurut data hingga pukul 04.45 WIB di laman resmi BMKG yang dilansir di Jakarta, Rabu, gempa susulan di Mamasa terjadi pada pukul 03.20 WIB berkekuatan 3 SR dengan pusat gempa berjarak empat kilometer wilayah darat dari utara Mamasa.

"Kedalaman gempa 10 Kilometer dengan lokasi di tiga Lintang Selatan (LS) dan 119,41 Bujur Timur (BT)," tulis BMKG.

Kemudian gempa susulan kedua pukul 03:58 WIB berpusat di darat yang berjarak lima kilometer dari tenggara Mamasa. Titik gempa berkedalaman 10 Km dengan lokasi di 3 LS dan 119,45 BT.

"Magnitudonya 3,2 SR," kata BMKG.

Selanjutnya, gempa ketiga terjadi pukul 04:17 WIB dengan pusat gempa di darat yang berjarak enam kilometer dari tenggara Mamasa dengan kedalamaan 10 kilometer dengan kekuatan 2,6 SR. Lokasi gempa ketiga ini di 2.92 LS 119.46 BT.

Ketiga gempa susulan tersebut memiliki skala getaran yang dirasakan (preceived shaking) II MMI atau berkategori lemah (weak), menurut data BMKG.

Gempa pertama pada Rabu pagi ini di Mamasa terjadi pada pukul 02.53 WIB dengan kekuatan 3,5 Skala Ritcher (SR).

Pusat gempa berada di darat yang berjarak tiga kilometer ke arah Selatan Mamasa.

Baca juga: Gempa dua kali guncang Sulawesi pada Rabu pagi
 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018