Pilih karier atau anak? Secara alamiah perempuan pasti memilih anak. Jangan disalahkan. Namun sambil membesarkan anak, saya tetap melanjutkan kegiatan saya sebagai penulis.
Jakarta (ANTARA News) - Editor in Chief Eurekawomen.com Pangesti Bernadus menyarankan perempuan pekerja untuk menetapkan sasaran dari awal sehingga bisa tetap berkarier bekerja sesuai cita-citanya.

"Perempuan pekerja harus menetapkan sasaran, tiga tahun ke depan ada di posisi apa. Kalau pun kemudian bertemu dengan laki-laki kemudian menikah, jangan salahkan jatuh cintanya," kata Cici, panggilan Pangesti, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu.

Cici mengatakan kerap kali perempuan pekerja memulai karier pada titik yang sama dengan laki-laki, tetapi kemudian kariernya tertinggal setelah menikah, hamil dan memiliki anak.

Karena itu, di dalam banyak hal, jumlah perempuan yang memiliki karier tingkat atas jumlahnya masih lebih sedikit dari pada laki-laki.

"Apakah itu masalah kodrati? Menurut saya bukan. Dalam banyak kesempatan, justru perempuan memilih memperlambat karier karena ingin menikmati hidup berkeluarga," tuturnya.

Ibu empat anak itu menceritakan dia sendiri memilih untuk berhenti bekerja setelah melahirkan anak. Namun, bukan berhenti bekerja bukan berarti menghentikan produktivitas.

"Pilih karier atau anak? Secara alamiah perempuan pasti memilih anak. Jangan disalahkan. Namun sambil membesarkan anak, saya tetap melanjutkan kegiatan saya sebagai penulis," katanya.

Sementara itu, Chief Operating Officer PT Magna Cita Marlin mengatakan perempuan harus memahami karakter dan keinginan diri sendiri saat memutuskan menjadi pekerja.

"Tidak masalah memilih menjadi ibu rumah tangga atau ibu yang bekerja yang penting memahami karakter diri sendiri dan apa yang diinginkan," katanya.

Bila tidak bisa memahami karakter dan keinginan sendiri, apa pun pilihan yang diambil akan membawa perempuan pada situasi menyalahkan orang lain atau situasi.*


Baca juga: Kemkes: Perempuan pekerja perlu dukungan susui anak

Baca juga: Perempuan pekerja, menyusui lancar sukses bekerja


 

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018