Jadi, jalan nasional yang terputus sepanjang enam meter, telah diperbaiki dan saat ini transportasi di daerah tersebut, sudah lancar seperti biasanya,
Medan (ANTARA News) - Jalan nasional Kota Nopan yang amblas akibat tergerus air Sungai Batang Gadis, di Desa Saba Pasir, Kecamatan Kota Nopan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara, sudah dapat dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mandailiang Natal, Muhammad Yasir Nasution dihubungi dari Medan, Rabu, mengatakan jalan yang amblas itu telah selesai diperbaiki.

Menurut dia, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II Medan, dan Pemkab Mandailing Natal turun tangan mengerjakan jalan yang amblas.

"Jadi, jalan nasional yang terputus sepanjang enam meter, telah diperbaiki dan saat ini transportasi di daerah tersebut, sudah lancar seperti biasanya," ujarnya.

Ia menambahkan arus transportasi jalur penghubung Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Sumatera Barat, aman dan tidak ada kendala lagi, bahkan, Pemkab Mandailing Natal membuat jalan alternatif sebagai pengganti jalan nasional Kota Nopan yang amblas.

"Jalan alternatif itu, dibangun diatas tanah milik warga dan sekarang tidak digunakan lagi, karena jalan nasional telah selesai dikerjakan," ucap dia.

Yasir menyebutkan, jalan alernatif itu, hanya digunakan untuk sementara, dan lokasinya tidak berapa jauh dari jalan nasional yang putus.

Akibat amblasnya jalan lintas Sumatera itu, arus transportasi jalur penghubung Provinsi Sumatera Utara dengan Provinsi Sumatera Barat, sempat terganggu.

"Terputusnya badan jalan nasional Kota Nopan, akibat digerus sungai Batang Gadis pada Rabu malam (7/11)," katanya.*


Baca juga: Lalu lintas jalan Aceh-Sumatera Utara lumpuh akibat longsor

Baca juga: Jalan nasional di Aceh Jaya tertimbun longsor

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018