Sebesar 51,7 persen pemilih menyatakan mereka sangat mendengar himbauan tokoh agama seperti ulama, pastor, biksu dan lain-lain."
Jakarta (ANTARA News) - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan tokoh agama merupakan orang yang paling kuat pengaruhnya terhadap pemilih dengan persentase 51,7 persen sehingga masyarakat cenderung mengikuti imbauan tokoh agama.

"Sebesar 51,7 persen pemilih menyatakan mereka sangat mendengar imbauan tokoh agama, yakni ulama, pastor, biksu dan lain-lain," kata Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan tokoh yang lain hanya di bawah 20 persen, misalnya imbauan politisi hanya 11 persen dan terpengaruh pendapat pengamat hanya 4,5 persen.

Menurut dia, imbauan profesi pengusaha 3,5 persen, akademisi kampus 1,8 persen, aktivis LSM 1,7 persen, artis terkenal 1,1 persen dan yang tidak menjawab sebesar 24,7 persen.

"Responden yang menyatakan tokoh agama paling kuat pengaruhnya merata di semua segmen pemilih seperti yang berpendidikan tinggi-rendah, berpendapat tinggi dan 'wong cilik', pemilih milenial maupun lansia, dan semua segmen pemilih parpol dan capres," ujarnya.

Survei LSI Denny JA tersebut dilakukan sejak 10-18 Oktober 2018 melibatkan 1.200 responden dengan "margin of error" kurang lebih 2,8 persen.

Wawancara survei dilakukan dengan tatap muka menggunakan kuesioner terhadap responden yang terpilih melalui metode "multistage random sampling".

Selain menggunakan metode kuantitatif, survei tersebut dilengkapi dengan riset kualitatif melalui metode "focus group discussion", analisis media dan wawancara mendalam dengan biaya survei secara mandiri.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018