Jakarta, (ANTARA News) - Atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mampu melewati laga pertama turnamen Hong Kong Terbuka 2018 setelah menang atas pasangan Rusia Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov yang berlangsung di Kowloon, Hong Kong, Rabu.

Fajar/Rian, seperti dipantau Antara di Jakarta dari situs resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), menang dalam dua gim langsung 25-23, 21-19 selama 34 menit permainan atas pasangan 20 dunia itu.

Hasil pertandingan turnamen tingkat Super 500 itu menjadi balasan bagi Fajar/Rian atas Ivanov/Sozonov setelah pertemuan kedua pasangan pada turnamen Jerman Terbuka 2015. Di Jerman, ganda Indonesia peringkat 10 dunia itu kalah 13-21, 18-21 dari wakil Rusia itu.

"Kami harus bermain dengan pola permainan yang berbeda dengan turnamen China Terbuka di Fuzhou karena kondisi lapangan di sini lebih berangin. Kami banyak bermain 'no lob' dan mencoba selau permainan depan net," kata Rian seperti tercantum dalam situs Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Meskipun menang dalam dua gim sekaligus, pasangan Indonesia peraih gelar juara Malaysia Masters 2018 itu mengaku tidak puas dengan penampilan mereka di Hong Kong karena keduanya masih membuat kesalahan-kesalahan sendiri.

"Pertemuan terakhir kami dengan Ivanov/Sozonov sudah lama. Kami sudah mampu menerapkan pola permainan yang benar ketika kembali lagi menghadapi mereka," kata Fajar.

Pada pertandingan putaran kedua yang akan berlangsung Kamis (15/11), Fajar/Rian akan menghadapi pasangan Taiwan Liao Min Chun/Su Ching Heng setelah pertemuan mereka sebelumnya di Fuzhou pada China Terbuka 2018.

"Kami memang belum pernah menang atas mereka dalam dua pertemuan kami. Kami akan mempelajari dan evaluasi penampilan kami pada pekan lalu. Kami harus lebih siap sejak awal permainan," ujar Fajar.

Di Fuzhou, China, Fajar/Rian kalah pada laga pertama dari Liao/Su dalam dua gim 18-21, 19-21. Sedangkan pada Korea Terbuka 2017, ganda pelatnas PBSI itu kalah dalam tiga gim 19-21, 24-22, dan 15-21.

Selain Fajar/Rian, Indonesia masih punya tiga pasangan lain ganda putra yang akan bertanding dalam Hong Kong Tebuka 2018. Mereka adalah pasangan andalan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Berry Angriawan/Hardianto, dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. (T.I026/

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018