Jakarta (ANTARA News) - Facebook Inc pada Agustus lalu mengumumkan perangkat activity dashboard yang dapat melihat statistik seberapa lama waktu yang digunakan untuk mengakses platform media sosial, termasuk Instagram.

Lama berselang, fitur bernama "Your Activity" ini mulai berfungsi, laman The Verge menulis Instagram mulai mengeluarkan pembaruan secara bertahap untuk aplikasi.

Fitur ini bisa ditemukan di menu di pojok kanan atas profil pengguna. Pengguna bisa mengatur batasan waktu dan mematikan sementara notifikasi aplikasi.

Dashboard dari Facebook dan Instagram bisa digunakan untuk melihat berapa lama waktu yang dihabiskan di platform tersebut selama tujuh hari belakangan dan juga mematikan notifikasi. Fitur ini dibuat agar pengguna bisa mengatur diri mereka dan bagaimana mereka berinteraksi di jejaring sosial.

Platform Facebook, seperti ditulis The Verge, belum mengaktifkan activity dashboard bernama "Your time on Facebook", namun diperkirakan tidak lama lagi menyusul Instagram.

Kesehatan mental menjadi sorotan para raksasa teknologi setelah sejumlah penelitian mengemukakan interaksi di media sosial berpengaruh terhadap dunia nyata dan penggunaan medsos secara berlebeihan agar berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Apple memperkenalkan fitur serupa bernama Screen Time di sistem operasi iOS mereka serta Google dengan Digital Wellness untuk Android 9.0 Pie, semuanya bertujuan agar pengguna bijak mengatur waktu mereka ketika mengakses ponsel.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018