counter

Dua gajah jinak Way Kambas hamil

Dua gajah jinak Way Kambas hamil

Wisatawan memberi makanan ke Erin, gajah yang belalainya terpotong akibat dijerat oleh pemburu, di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Lampung, Senin (1/5/2017). TNWK merupakan salah satu tujuan wisatawan domestik untuk menghabiskan libur panjang. (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

Dua ekor gajah itu sudah positif hamil
Lampung Timur (ANTARA News) - Dua ekor gajah jinak di Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Kabupaten Lampung Timur diketahui oleh dokter hewan setempat sedang hamil.

Drh Diah Esti Anggraeni, dokter yang bertugas di RS Gajah Prof Dr Ir Rubini Atmadidjaja Pusat Konservasi Gajah TNWK, di Lampung Timur, Kamis, membenarkan dua ekor gajah jinak betina bernama Kartijah dan Bunga sedang hamil.

"Dua ekor gajah itu sudah positif hamil," katanya.

Namun dokter hewan ini belum bisa memastikan umur kandungan kedua hewan mamalia besar, spesies langka dan dilindungi di dunia itu.

Tapi, menurut dia, sekarang ini bisa diperkirakan gajah jinak Bunga yang bakal lebih dulu melahirkan anaknya.

"Sewaktu dilakukan USG pada kedua gajah betina itu, hanya gajah Bunga yang terlihat tulang rusuknya, gajah Kartijah belum terlihat," ujar Diah.

Menurut dia, kehamilan gajah Kartijah ini adalah yang keempat setelah melahrkan tiga anaknya, dan kehamilan gajah Bunga pada 2018 adalah yang ketiga kalinya.

Dia mengemukakan, usia kehamilan gajah adalah 21 bulan dan pada masa hamil tua, gajah hamil perlu banyak tambahan makanan (nutrisi) untuk induk dan anaknya dalam kandungan.

Namun sebagai gajah atraksi, saat hamil, kedua gajah betina ini tetap aman bila pengunjung ingin naik di punggungnya.

"Tidak ada masalah ditunggangi, malah sebagai latihan, tetapi yang penting gajah yang sedang hamil jangan terlalu sering jongkok dan berdiri," ujar Diah.

Baca juga: BKSDA Bengkulu-Lampung programkan pengembangbiakan gajah sumatera
Baca juga: Nunik, nama anak gajah betina yang baru lahir ini

 

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar