counter

Becak listrik Jakarta "Be'ol Cepirit" dalam masa uji coba

Becak listrik Jakarta "Be'ol Cepirit" dalam masa uji coba

Warga melintas di dekat satu unit prototipe becak listrik di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (11/3/2018). Politikus PAN Hanafi Rais menyumbangkan satu unit prototipe becak listrik kepada Pemprov DKI Jakarta untuk mendukung rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan mengeluarkan ijin beroperasinya becak di Ibu Kota.( ANTARA/Aprillio Akbar)

Jakarta (ANTARA News) - Becak tradisional yang kembali mengaspal di jalanan Jakarta akan tergantikan dengan hadirnya becak listrik dengan sebutan Becak Online Cepat dan Irit (Be'ol Cepirit), yang sedang dalam uji coba.

Koordinator Serikat Becak Jakarta (Sebaja) Rasdullah di Jakarta, Kamis mengatakan becak listrik "Be'ol Cepirit" tersebut menggunakan tenaga surya, dan nantinya dijadikan layanan becak daring.

"Becak itu ada aliran listrik lewat tenaga surya. Alhasil, bukan seperti becak motor," ujar Rasdullah.

Rasdullah mengatakan,  tiga dari 60 buah becak listrik yang telah tersedia di tempatnya kini sedang diujicobakan.

Becak listrik tersebut merupakan karya dari Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berkoordinasi dengan Sebaja.

Ciri khas becak listrik bertenaga surya tersebut adalah menggunakan roda belakang untuk melakukan belokan. Berbeda dengan becak tradisional yang menggunakan roda depan untuk berbelok arah.

Rasdullah pun mengatakan, pihak dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak memperbolehkan lagi beroperasinya becak motor. Sehingga keberadaan becak listrik yang kedepannya akan menjadi layanan becak dari "Be'ol Cepirit" bisa diperhitungkan sebagai solusi.

"Sementara untuk becak listrik itu akan ditempatkan langsung di tempat-tempat wisata nantinya. Nah beberapa sedang tahap uji coba dulu," terang Rasdullah. 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar