Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi secara resmi menutup kegiatan Kirab Pemuda yang sudah dimulai sejak 5 September 2018 dan berakhir pada 15 November 2018. 

Dalam sambutannya, dia berharap agar kegiatan tersebut dapat membawa manfaat bagi para pemuda-pemudi dalam membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di masa depan. 

"Setelah 73 hari keliling Indonesia, pasti ada banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang didapat, dan tentunya acara puncak Kirab Pemuda ini akan sangat menggembirakan," kata Imam di GOR Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis. 

Lebih lanjut, dia menuturkan pemuda-pemudi Indonesia memiliki tanggung jawab yang besar kedepannya, yakni menjaga keutuhan NKRI beserta seluruh keanekaragaman pariwisata, budaya dan sumber daya alam yang dimiliki oleh masing-masing wilayah. 

"Bentangan pulau-pulau kita, dari Sabang sampai Merauke, adalah anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa, yang harus kita jaga selama-lamanya. Jadi, kawal terus negeri ini sampai kapanpun," ujar Imam. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Kirab Pemuda 2018 Faisal Abdullah berharap kegiatan tersebut dapat mempererat persatuan serta meningkatkan patriotisme pemuda-pemudi sesuai dengan Bhinneka Tunggal Ika. 

Baca juga: Kemenpora sebut Kirab Pemuda jadi alat pemersatu bangsa

"Selain itu, saya juga berharap kegiatan Kirab Pemuda 2018 dapat menggali sekaligus memberdayakan potensi yang dimiliki oleh para pemuda dan pemudi Indonesia," ungkap Faisal. 

Kegiatan Kirab Pemuda 2018 diikuti oleh 34 pasang putra-putri terbaik di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka melakukan perjalanan selama 73 hari dan berkegiatan selama lima hari di titik-titik singgah yang telah ditentukan. 

Peserta dibagi menjadi dua zona, yaitu Zona 1 dan Zona 2. Masing-masing zona terdiri dari 17 pasang peserta dan ada 17 titik singgah yang dilalui. 

Zona 1 mengawali perjalanan dari Kota Sabang, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Sedangkan Zona 2 mengawali perjalanan dari Kota Merauke, Provinsi Papua. Kedua zona tersebut bertemu di Kota Jakarta sebagai lokasi penyelenggeraan acara puncak Kirab Pemuda 2018. 

Baca juga: Candi Muarojambi jadi tempat persinggahan kirab pemuda

Baca juga: Pemerintah targetkan Kirab Pemuda masuk rekor dunia


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018