Manado, (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan bimbingan teknis menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Wilayah V pada 27 November sampai 3 Desember 2018 di Manado.

Kepala Bidang Pemanduan Bakat Deputi Peningkatan Prestasi Kemenpora, Mohamad Aziz Haryanto, di Manado, Kamis, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut atas pengalihan pelaksanaan Popwil V karena rencana awal akan dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Kami berterima kasih kepada Pemprov Sulut yang telah benar-benar siap melaksanakan. Mengingat dalam pelaksanaan Popwil II dan III dimana Provinsi yang telah menyatakan diri untuk melaksanakan event tersebut ternyata belum siap sehingga pelaksanaannya diambil alih oleh Kemenpora," katanya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edison Humiang mengatakan Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan ODSK, bertekad mengsukseskan pelaksanaan Popwil V.

"Mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasi dan untuk itu diharapkan adanya kesatuan langkah dan komitmen bersama," katanya.

Ia menambahkan, Pemprov Sulut telah berpengalaman melaksanakan event nasional maupun internasional.

"Untuk suksesnya penyelanggaraan serta prestasi Popwil V diharapkan kepada provinsi peserta maupun panitia pelaksana dapat  memberikan masukan-masukan antara lain lokasi venue maupun penginapan yang akan digunakan," katanya.

Popwil V tersebut akan mempertandingkan delapan cabang olahraga terdiri dari sepak bola, bola basket, bola voli, pencak silat, tenis meja, bulu tangkis, tenis lapangan, dan sepak takraw. Diperkirakan Popwil diikuti 1.200 atlet, pelatih, dan ofisial.

Pelaksanaan Bimbingan Teknis ini diikuti Kemenpora, panitia pelaksana, dan para peserta?Popwil V yang terdiri atas Provinsi Sulut, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua Barat. (J009).

Baca juga: Sebanyak 1.800 atlet pelajar berlaga pada Popwil di Solo

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018