Jakarta (ANTARA News) - Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) akan menggelar Konvensi Nasional Humas 2018 pada 10-11 Desember 2018 di XXI Ballroom Jakarta.

Dirjen Informasi Komunikasi Publik (IKP) KOMINFO RI Rosarita Niken Widiastuti mengimbau agar humas tidak hanya menguasai sarana komunikasi konvensional di era 4.0, tetapi juga sarana komunikasi baru, menurut siaran pers yang diterima Antara Jakarta, Kamis.

Konvensi tersebut akan mengusung tema Humas 4.0 Tantangan Kebangsaan & Reputasi Indonesia, acara ini akan dihadiri berbagai pihak dengan sejumlah narasumber di antaranya R. Niken Widiastuti (Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik  KOMINFO RI), Wianda Pusponegoro (Staff Khusus Kementrian BUMN), Boy Kelana Soebroto (Head of Corporate Communication ASTRA International), Mardi Wu (CEO Nutrifood) dan lainnya.

Melalui ajang ini, diharapkan praktisi humas dapat merumuskan strategi yang bisa dijalankan dengan kemajuan teknologi yang kian pesan. Hal tersebut bukan hanya dianggap ancaman, melainkan juga tantangan serta kesempatan bagi humas sektor perindustrian agar dapat mengendalikan sistem 4.0 yang semakin mendominasi bidang kerja.

Di masa mendatang Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar seperti Cina, Jepang, Australia dan Korea. Saat itulah, peran praktisi humas dituntut mampu membangun kompetensi dan perspektif global untuk menuju Indonesia Global Ekonomi, lanjut Rosarita.

Sementara itu Ketua Umum BPP PERHUMAS Agung Laksamana menambahkan bahwa kompetensi humas membutuhkan kombinasi unik antara intuisi, nalar, empati, emosi serta kreativitas yang tidak terbatas. Hal ini menjadi keterbatasan bagi mesin AI (kecerdasan buatan) karena tidak bisa dilatih.

Agung menekankan bahwa Humas 4.0 harus memiliki software and hardware yang global, digital dan kreatif namun dengan inside chip yang tetap NKRI.

Konvensi Nasional Humas 2018 menjadi sebuah momen tepat bagi segenap praktisi Humas 4.0 untuk lebih waspada dan cermat dalam menghadapi tantangan kemajuan dunia digital di Indonesia.

Harapannya, melalui Konvensi Humas 2018, kami segenap praktisi Public Relations Indonesia, profesional dari berbagai industri, dapat saling berdiskusi dan menemukan strategi untuk membangun reputasi baik Indonesia.(KR-MSU)


 

Pewarta: Maya Sofiana Utami
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018