Indeks S&P/ASX 200 naik 14,5 poin atau 0,25 persen menjadi 5.750,5 poin
Sydney (ANTARA News) - Bursa saham Australia dibuka lebih tinggi pada perdagangan Jumat pagi, dengan ketidakpastian baru Brexit yang dirasakan pasar Eropa terhadap reli di AS tampaknya membantu mendorong kenaikan di pasar Asia-Pasifik.

Pada pukul 10.15 waktu setempat, sebut Xinhua, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 14,5 poin atau 0,25 persen menjadi diperdagangkan di 5.750,5 poin, dan indeks All Ordinaries yang lebih luas menambahkan 14,5 poin atau 0,25 persen, diperdagangkan pada 5.839,7 poin.

Pound Inggris "terpukul" dalam perdagangan semalam karena empat menteri mengundurkan diri dari Kabinet Perdana Menteri Theresa May, dengan reli obligasi dan penurunan saham Eropa karena penentangan terhadap rencana Brexitnya meningkat, kepala strategi pasar CMC Markets and Stockbroking, Michael McCarthy, mengatakan dalam catatan pagi kepada investor.

"Dolar AS juga turun, melemah terhadap sebagian besar mata uang utama. Namun, reli saham AS yang menghentikan penurunan lima sesi beruntun melihat saham-saham Asia-Pasifik ditetapkan untuk naik pada pembukaan," katanya.

Pound Inggris merosot hampir tiga sen AS AS "dalam beberapa jam ketika pemerintah Inggris retak. Ketentuan-ketentuan `backstop` untuk Irlandia Utara adalah poin dukungan, tetapi rancangan kesepakatan yang diajukan oleh perdana menteri penuh dengan kebohongan, yang hanya menunda keputusan sulit. Kelangsungan pemerintah saat ini dipertanyakan, dan karena itu pedagang mata uang bereaksi," tambah McCarthy.

"Penjualan ritel dan data manufaktur AS yang lebih kuat memutus perdagangan negatif. Dolar AS naik dari posisi terendah dan saham naik, meskipun pedagang obligasi kurang yakin. Minyak dan logam dasar juga menguat bukti lebih lanjut dari sikap pro pertumbuhan untuk pasar."

Bank-bank besar Australia dibuka sebagian besar lebih tinggi, dengan ANZ menambahkan 0,51 persen, Commonwealth Bank meningkath 0,36 persen, Westpac naik tipis 0,04 persen dan National Australia Bank merosot 0,25 persen.

Raksasa pertambangan BHP naik 1,19 persen, saingannya Rio Tinto bertambah 1,18 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,53 persen.

Wesfarmers merosot 0,24 persen dan jaringan supermarket saingannya Woolworths naik 0,21 persen.

Raksasa perusahaan telekomunikasi Telstra turun 0,16 persen, maskapai nasional Qantas turun 0,35 persen dan kelompok bioteknologi CSL menambahkan 0,77 persen.

Baca juga: Dolar AS menguat karena ketidakpastian baru tentang Brexit
Baca juga: Saham bank ANZ jatuh meski Bursa Australia dibuka menguat
 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2018