counter

Metropolitan

Infrastruktur Jaksel antisipasi banjir hampir selesai

Infrastruktur Jaksel antisipasi banjir hampir selesai

Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air membersihkan endapan lumpur di saluran penghubung sepanjang Jalan Semanan Raya (DEVI NINDY/ANTARA)

Kami telah menyelesaikan 18 agenda perbaikan
Jakarta (ANTARA News) - Target Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan untuk memperbaiki infrastruktur dalam menghadapi musim hujan, khususnya potensi banjir selama 2018 hampir terpenuhi.

"Kami telah menyelesaikan 18 agenda perbaikan, namun masih ada enam agenda lagi yang masih dalam proses pengerjaan," ujar Kasudin Tata Air Jakarta Selatan, Holi Susanto di Jakarta, Jumat.

Holi menyebutkan pihaknya telah menyelesaikan 18 perbaikan infrastruktur, seperti perbaikan saluran Phb Jelwawe Jalan Hang Jebat Kelurahan Gunung Kecamatan Kebayoran Baru, pemeliharaan turap waduk Sigura-gura Kecamatan Pancoran, perbaikan saluran Taman Bibit dan Taman Seno Kecamatan Tebet dan lain sebagainya.

Kegiatan perbaikan infrastruktur dilakukan di 24 lokasi di Jakarta Selatan mengingat adanya 12 titik genangan di sejumlah wilayah dan harus diantisipasi agar tidak terjadi banjir.

Baca juga: Jakarta Timur-Jakarta Selatan banjir akibat luapan Kali Ciliwung

"Kita sangat siaga dari November 2018 sampai Februari 2019," tambah Holi sambil menambahkan bahwa total anggaran untuk kegiatan itu sebesar Rp84,2 miliar yang terdiri untuk gaji, upah pekerja, material dan lainnya yang bersumber dari APBD Jaksel.

Selain perbaikan infrastruktur, Holi menyiagakan personelnya untuk melakukan normalisasi, pengerukan hingga pengurasan saluran dengan bantuan 74 unit alat seperti "dump truck", alat berat, dan pompa.

Dengan jumlah petugas gabungan mencapai hampir seribu orang, diharapkan usaha Sudin SDA Jaksel dapat meminimalisir bahkan mencegah adanya banjir yang biasanya datang dari luapan Kali Ciliwung.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menyebutkan sejumlah wilayah di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan mengalami banjir akibat luapan Kali Ciliwung.

BPBD DKI mengabarkan melalui kanal media sosial resmi mereka bahwa di Jakarta Selatan, tepatnya di Kelurahan Pejaten Timur Kecamatan Pasar Minggu, terendam air setinggi 30 sentimeter pada pukul 02.00 WIB pada hari Senin (12/11) akibat luapan air Kali Ciliwung.

Baca juga: Sejumlah titik rawan banjir di Jakarta Timur
Baca juga: Jaktim pastikan KSB siap hadapi musim hujan


 

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Mapag hujan, strategi Pemkot Bandung antisipasi banjir

Komentar