Singapura, (ANTARA News) - The Russian Direct Investment Fund (RDIF), dana kekayaan negara Rusia, Grup Medis Asia Amerika Singapura (AAMG), dan JSC Rusatom Healthcare, anak perusahaan dari Badan Energi Atom Negara Rusia Rosatom (Rosatom), telah sepakat untuk mengembangkan pusat pengobatan nuklir di Iskandar Puteri, Malaysia. Perjanjian telah ditandatanganidi Singapoura tanggal 14 November yang lalu, di sela-sela pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. 
Siaran pers RDIF menyebutkan, proyek yang diusulkan dalam kerja sama ini melibatkan pembentukan lembaga medis modern yang mengkhususkan diri dalam diagnosis dan pengobatan kanker.
Pusat lembaga yang lokasinya berdekatan dengan Singapura ini akan meliputi departemen yang mengkhususkan diri dalam diagnostik radionuklida, terapi radionuklida, terapi radiasi dan fasilitas radiochemistry berbasis siklotron.
Proyek ini akan menggabungkan sumber daya keuangan RDIF dan Rosatom serta keahlian teknis Rosatom - yang mengkhususkan diri untuk memperkenalkan teknologi nuklir Rusia untuk bidang kedokteran dalam cakupan nasional dan internasional - dengan AAMG, spesialis perawatan kesehatan yang berbasis di Singapura dan terdaftar di Bursa Efek Australia.
Kirill Dmitriev, CEO dari Russian Direct Investment Fund (RDIF), mengatakan:
"Pengobatan nuklir adalah spesialisasi teknologi tinggi yang menjanjikan untuk diagnosis dan pengobatan kanker. Di Rusia, penggunaan nuklir ini berkembang pesat, dan perluasan penggunaan teknologi Rusia di luar negeri mendukung perkembangan ini. Kami senang dapat mendukung proses pengembangan nuklir dengan mengimplementasikan proyek untuk membangun pusat pengobatan nuklir di Malaysia. Proyek ini akan memastikan ekspor teknologi Rusia dan mendukung masuknya Rosatom ke pasar internasional."
Dato 'Dr Tan Kai Chah, Ketua Eksekutif AAMG, mengatakan "kami sangat terdorong dengan komitmen RDIF untuk berpartisipasi dengan JSC Rusatom Healthcare dan AAMG untuk membawa keunggulan medis di Asia Tenggara ke tingkat yang baru. Melalui pengobatan nuklir, diagnosis dan pengobatan kanker dapat meningkat secara signifikan. Sudah terdapat peningkatan pemahaman, efektivitas dan aspek keamanan atas pengobatan nuklir ini. Saya sungguh percaya bahwa pusat pengobatan nuklir yang diusulkan ini akan menjadi pemimpin dalam memberikan perawatan onkologi terbaik di Asia Tenggara. ”
Denis Cherednichenko, CEO JSC Rusatom Healthcare, mengatakan: "Perjanjian yang ditandatangani menunjukkan permintaan yang tinggi terhadap teknologi medis Rusia di pasar Asia-Pasifik yang berkembang pesat. Saat ini, kami mempertimbangkan Asia-Pasifik sebagai pasar inti bagi kami. Pelaksanaan proyek ini akan menciptakan keunggulan kompetitif tambahan dan membuka peluang baru di pasar luar negeri."
Referensi:
Russian Direct Investment Fund (RDIF) adalah reksadana kekayaan negara Rusia yang didirikan pada tahun 2011 untuk melakukan investasi bersama, terutama di Rusia, bersama investor keuangan dan strategis internasional yang terkemuka. RDIF bertindak sebagai katalis untuk investasi langsung dalam ekonomi Rusia. Perusahaan manajemen RDIF berbasis di Moskow. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di www.rdif.ru
Asian American Medical Group (AAMG) adalah grup perawatan kesehatan yang didirikan pada tahun 1994 dan berkantor pusat di Singapura. AAMG telah terdaftar di Bursa Efek Australia sejak September 2009 dan fokus pada penyediaan pengobatan penyakit hati, radiasi dan perawatan onkologi, manajemen perawatan kesehatan dan konsultasi serta pengembangan real estat perawatan kesehatan. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di www.aamg.co
JSC Rusatom Healthcare didirikan oleh JSC Atomenergoprom sebagai bagian dari Rosatom State Corporation untuk mengembangkan produksi peralatan dan produk radionuklida untuk kedokteran nuklir dan radiologi medis, serta peralatan industri berdasarkan teknologi radiasi. Tujuan strategis JSC Rusatom Healthcare adalah organisasi dan integrasi fasilitas produksi untuk menciptakan pasar domestik penuh peralatan modern berteknologi tinggi dan produk radionuklida inovatif dan radiofarmasi untuk kedokteran nuklir dan radiologi medis, serta peralatan industri modern berdasarkan teknologi radiasi dengan promosi produk kompetitif di luar negeri.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2018