Jakarta, (ANTARA News) - Atlet bulu tangkis ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke putaran semifinal turnamen Hong Kong Terbuka 2018 setelah menaklukkan pasangan Taiwan Lee Jhe-Huei/ Lee Yang pada pertandingan perempat final yang berlangsung di Kowloon, Hong Kong, Jumat.

Fajar/Rian, seperti dipantau Antara di Jakarta dari situs resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), menang atas ganda peringkat 16 dunia itu dalam dua gim 21-17, 25-23 selama 46 menit permainan turnamen tingkat Super 500 itu.

Catatan pertemuan kedua pasangan itu pun menjadi 3-1 bagi pasangan atlet Indonesia peringkat 10 dunia itu atas Lee Jhe Huei/Lee Yang. Kedua ganda putra itu terakhir kali berhadapan pada turnamen Jepang Terbuka 2018 dengan hasil kemenangan kubu Merah-Putih 21-14, 21-18.

"Kami bersyukur atas hasil pertandingan hari ini. Kami sempat tertinggal dari lawan yang sudah mengantisipasi serangan kami pada awal gim pertama. Kami memimpin pada gim kedua, tapi lawan kembali mengejar perolehan poin kami," kata Fajar seperti tercantum dalam situs Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Rian mengatakan permainannya bersama Fajar tetap fokus meskipun mencapai poin-poin kritis akhir permainan sehingga mampu menaklukkan pasangan Taiwan itu.

"Kami saling mengingatkan. Kalau kami sedang unggul poin, ketinggalan, dan saat gim setting," kata Rian.

Pada pertandingan semifinal turnamen berhadiah total 400 ribu dolar AS itu pada Sabtu (17/11), Fajar/Rian akan menghadapi pemenang pertandingan antara pasangan Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dengan ganda China He Jiting/Tan Qiang.

"Kami belum puas dengan hasil hari ini. Kami harus siap kelelahan jika menghadapi Kamura/Sonoda karena mereka tidak mudah ditaklukkan. Sedangkan pasangan He/Tan punya kekuatan serangan dan penampilan mereka sedang meningkat," kata Fajar.

Fajar menambahkan kunci permainan menghadapi pasangan Jepang Kamura/Sonoda atau ganda China He/Tan adalah pada pola atur permainan yang tepat.  (T.I026/

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018