counter

Lanal Mamuju gelar lomba perahu katinting

Lanal Mamuju gelar lomba perahu katinting

LOMBA PERAHU KATINTING TRADISIONAL Sejumlah peserta memacu perahu katintingnya di Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (16/11/2018). Lomba balap perahu katinting tradisional yang di ikuti 59 peserta dari berbagai daerah yang ada di Sulbar dalam rangka memperingati HUT Lanal Mamuju ke-1, guna mempererat tali silaturahmi antarnelayan. ANTARA FOTO/Akbar Tado/aww. (ANTARA FOTO/AKBAR TADO)

Kegiatan ini adalah bentuk silahturahmi, baik dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mamuju juga dengan masyarakat Kabupaten Mamuju
Oleh M Faisal Hanapi

Mamuju, (ANTARA News) - Pangkalan TNI (Lanal) Angkatan Laut Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat menggelar acara lomba perahu tradisional "katinting" di depan Pelabuhan Lanal Mamuju.

Komandan Lanal Mamuju Letkol Laut (KH) Drs Siangka di Mamuju, Jumat mengatakan lomba katinting yang digelar Lanal Mamuju dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Lanal Mamuju ke-1 tahun 2018.

Ia mengatakan, kegiatan ini diikuti 59 perahu katinting milik masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Mamuju.

"Kegiatan ini adalah bentuk silahturahmi, baik dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mamuju juga dengan masyarakat Kabupaten Mamuju," katanya.
 
Kegiatan tersebut juga utamanya sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat pesisir untuk membantu penegakan keamanan dan kedaulatan negara khususnya di laut.

"Diharapkan ke depan masyarakat Kabupaten Mamuju dapat lebih mengenal unsur TNI AL, utamanya dapat memberikan masukan-masukan yang dapat membangun untuk kemajuan Lanal, utamanya untuk kepentingan negara dalam menjaga keaman di laut," katanya.

Menurut dia, aspek keamanan di laut tidak dapat diemban sendiri melainkan juga dengan cara melaksanakan pembinaan masyarakat pesisir.

"Agar pemanfaatan laut dalam sumber daya alamnya dapat kita rasakan bersama-sama sampai dengan anak cucu kita," katanya. 

Baca juga: Lanal Karimun evakuasi 60 penumpang kapal kandas
Baca juga: Lanal Bengkulu gelar ekspedisi Pulau Enggano

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar