counter

BI sumbang gamelan untuk Akademi Seni Mangkunegaran

BI sumbang gamelan untuk Akademi Seni Mangkunegaran

Dewan Gubernur BI Dody Budi Waluyo secara simbolis menyerahkan satu set gamelan kepada Direktur Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta Raden Ayu Irawati Kusumoasri di Solo, Sabtu (17/11/2018). (ANTARA/Satyagraha)

Solo (ANTARA News) - Bank Indonesia menyumbang satu set gamelan slendro dan pelog kepada Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta untuk mendukung pelestarian seni budaya daerah sebagai bagian dari kekayaan bangsa.

Perlengkapan gamelan yang akan mendukung kegiatan belajar dan penyelenggaraan pentas seni yang biasa rutin dilakukan oleh akademi dan Keraton Mangkunegaran diserahkan oleh Dewan Gubernur BI Dody Budi Waluyo kepada Direktur Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta Raden Ayu Irawati Kusumoasri di Solo, Sabtu.

Bantuan ini merupakan salah satu bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) sebagai dedikasi untuk negeri.

BI mengharapkan bantuan karawitan jawa ini dapat meningkatkan semangat para pelaku seni di akademi pada khususnya dan Solo pada umumnya.

Untuk itu, para pelaku seni dapat tetap berkarya dan menginspirasi berbagai elemen masyarakat untuk menjaga kelestarian budaya.

Dengan semakin lestari dan berkembangnya seni budaya, sektor pariwisata di wilayah Solo dan sekitarnya, yang selama ini terkenal sebagai kota budaya, dapat makin meningkat.

Saat ini, pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan untuk mendulang pendapatan devisa serta berkontribusi terhadap upaya untuk menekan defisit neraca transaksi berjalan.

Kebijakan untuk menahan pelebaran defisit neraca transaksi berjalan merupakan salah satu peran dan tugas BI dalam menjaga stabilitas nilai rupiah dan ketahanan sistem keuangan.
 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar