Timika  (ANTARA News) - Fasilitas Mimika Sport Centre yang mencakup stadion indoor, stadion outdoor khusus atletik, wisma atlet, dan sarana penunjang lain siap digunakan untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional Ke-20 tahun 2020 di Provinsi Papua.

Yogantara Novrizal selaku staf PT Harmoni Sinergi, perusahaan yang mengelola Mimika Sport Centre, kepada Antara di Timika, Minggu, mengatakan semua fasilitas di arena tersebut sudah rampung.

Fasilitas megah yang mewah tersebut dibangun PT Freeport Indonesia sebagai bentuk kontribusinya mendukung Pemprov Papua dalam menyukseskan agenda PON 2020.

 Freeport disebut-sebut menggelontorkan dana sekitar 25 juta dolar AS atau sekitar Rp260 miliar untuk membangun fasilitas di atas lahan seluas 25 hektare yang berlokasi di Jalan Caritas, kompleks Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika Jaya-SP2, Timika.

 "Semua fasilitas dalam Mimika Sport Complex ini sudah selesai dibangun dan siap digunakan untuk PON 2020," kata Yogantara.

 Yogantara menerangkan fasilitas stadion indoor Mimika Sport Centre dapat menampung 5.500 penonton ditambah 76 kursi VIP.

Stadion tertutup ini memiliki digunakan untuk pertandingan tiga cabang olahraga yaitu basket (satu lapangan), voli (satu lapangan) dan bulu tangkis (tiga lapangan).

Selain itu, terdapat satu stadion terbuka khusus untuk atletik dengan peralatan paling lengkap di kawasan Indonesia timur dengan kapasitas menampung sekitar 950 orang penonton.

 Stadion terbuka atletik dilengkapi dengan gravel track untuk pemanasan atlet, fasilitas warming up untuk pelatihan awal atlet sebelum memasuki lintasan, wisma atlet putra-putri berkapasitas 115 orang (termasuk tujuh orang pelatih) dan beberapa fasilitas penunjang lainnya.

 Yogantara mengatakan seluruh fasilitas Mimika Sport Centre tersebut masih dalam penanganan dan perawatan PT Freeport Indonesia melalui General Construction and Special Project (GCSP).

"Semua fasilitas yang ada ditangani oleh GCSP PT Freeport. Ada dua perusahaan yang terlibat dalam pengelolaan fasilitas Mimika Sport Complex ini yaitu PT Harmoni Sinargy yang khusus menangani operasional dan PT Lembu Raya yang khusus menangani maintenence baik di dalam maupun di luar dengan jumlah pekerja seluruhnya sebanyak lebih dari 60 orang," kata Yogantara.

Meski belum diresmikan, dalam waktu dekat fasilitas Mimika Sport Centre tersebut (khusus stadion indoor) akan digunakan untuk kejuaraan daerah tinju amatir se Papua.

Kejurda tinju amatir se Papua yang diikuti 26 kabupaten/kota itu akan digelar mulai 22 hingga 28 November.

"Fasilitas Mimika Sport Centre digunakan pertama kali untuk Kejurda Tinju Amatir se Papua. Kami menyampaikan terima kasih kepada PT Freeport yang telah mengizinkan penggunaan fasilitas Mimika Sport Centre untuk kegiatan Kejurda Tinju Amatir se Papua," kata Johannes Rettob selaku Ketua Panitia Kejurda Tinju Amatir se Papua. 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018