counter

Seniman luar negeri ikut pergelaran seni Kediri

Seniman luar negeri ikut pergelaran seni Kediri

Arsip: Sejumlah pemain wayang topeng Jatiduwur memperagakan tari Gladen di panggung pertunjukan Festival Panji Nusantara di area Simpang Lima Gumul, Kediri, Jawa Timur, Kamis (20/7/2017)malam. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

Pergelaran seni ini memang sengaja dilakukan sebagai upaya semakin mengenalkan potensi wisata serta budaya di kota ini. Kegiatan ini juga ada kolaborasi baik dengan seniman asal Indonesia hingga luar negeri
Kediri (ANTARA News) - Sejumlah seniman dari luar negeri ikut memeriahkan pergelaran seni budaya di Kota Kediri, Jawa Timur, yang bertajuk "Panji Mbulan" di lokasi wisata Goa Selomangleng Kediri.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengemukakan kegiatan pergelaran seni ini memang sengaja dilakukan sebagai upaya semakin mengenalkan potensi wisata serta budaya di kota ini. Kegiatan ini juga ada kolaborasi baik dengan seniman asal Indonesia hingga luar negeri.

"Berkolaborasi lebih dari sekarang dan buat acaranya jauh lebih besar. Kami sadari sebenarnya acara di Kediri ini karena di Kediri ini tidak ada destinasi wisata yang cukup menarik untuk mendatangkan orang, sehingga perlu kami buat wisata yang `by design` seperti saat ini," katanya di Kediri, Minggu.

Ia juga menambahkan kegiatan tersebut sengaja digelar agar pemilik UMKM bisa mengenalkan berbagai produk makanan, minuman atau kerajinan asal kota ini. Pengunjung bisa menikmati wisata sekaligus makan aneka makanan dari kota ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur Sinarto yang juga hadir dalam acara itu mengatakan kegiatan pagelaran seni ini merupakan salah satu pola pemikiran yang cukup produktif untuk mengekspos potensi di daerah. Di Kota Kediri terdapat wisata Goa Selomanglang yang secara alam juga menarik untuk dieksplorasi menjadi tempat pertunjukan.

"Kediri itu punya Goa Selomangleng yang secara alam patut dieksplorasi menjadi tempat pertunjukan. Dari sisi historis juga punya, ada banyak kesenian yang bisa ditampilkan," kata dia.

Ia mengapresiasi dengan pagelaran yang dibuat di Kediri ini. Terlebih lagi tema yang diambil adalah tentang Cerita Panji, dimana Panji sekarang ini menjadi salah satu pemikiran besar untuk Indonesia.

"Panji itu sekarang menjadi pikiran besar untuk Indonesia. Jika Kota dan Kabupaten Kediri untuk mengeksplorasi itu tidak ada masalah, mencoba mengungkap sejuah mana punya `performance` dan itu termasuk nilai budaya," kata dia.

Ia juga menegaskan pemerintah provinsi juga terus melakukan pendampingan bagi pengembangan kesenian di daerah. Setiap daerah mempunyai karakter dan seni yang berbeda, yang menarik untuk dieksplorasi sebagai salah satu kekayaan budaya.

Kegiatan pagelaran seni budaya ini selain dimeriahkan seniman dari Indonesia, juga dari beberapa negara lain misalnya Spanyol, Prancis, Jerman, Tiongkok, Brazil, serta Meksiko. Mereka melakukan berbagai macam atraksi baik pertunjukan musik, teater hingga tari.


 

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar