Jakarta (ANTARA News) - Buah-buahan memiliki banyak manfaat antara lain antioksidan dan anti-inflamasi. Namun, menjadikannnya smoothies sering membuatnya menjadi sumber gula buah yang sangat pekat.

Ahli diet asal Colorado, Amerika Serikat, Ryan Andrews, seperti dilansir Time belum lama ini, menyarankan Anda menambahkan sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kale (mengandung serat, kalsium, vitamin A, C dan K, serta fitokimia) untuk menjaga gula darah terkendali.  

Smoothie sayuran  adalah cara yang bagus untuk mendapatkan sayuran yang sangat dibutuhkan (jumlah sayuran harian yang direkomendasikan dua hingga tiga cangkir). Penelitian menunjukkan bahwa pola makan nabati mengurangi risiko penyakit kronis dan kanker.

Sayuran berdaun hijau berhubungan dengan risiko lebih rendah terkena diabetes tipe-2, serta penurunan kognitif terkait usia. Satu atau dua genggam sayuran biasanya menghasilkan smoothie terbaik.

Andrews mengingatkan Anda untuk berhati-hati saat membeli smoothie, karena Anda tak bisa mengontrol  kualitas dan kuantitas bahan yang digunakan. 

Kunci untuk membuat smoothie sehat adalah menyeimbangkan sayuran, buah, protein dan lemak, kata Miranda Hammer, ahli diet terdaftar yang berbasis di New York. 

Protein dapat berasal dari mentega kacang yang tidak mengandung gula, yogurt tawar atau susu kacang. Untuk lemak, Anda bisa temukan pada kacang, biji rami, wijen, daging kelapa, yogurt kelapa, atau yogurt organik penuh lemak. 

Untuk nutrisi tambahan, Hammer merekomendasikan menambahkan bahan-bahan seperti kakao, spirulina, rempah seperti ketumbar atau peterseli, kayu manis, pala, jahe atau kunyit.

Menurut Andrews, keragaman diet dapat sangat membantu untuk memastikan asupan nutrisi yang lengkap. Jika Anda menggunakan kale, kefir, dan blueberry satu minggu, misalnya, cobalah bayam, susu rami dan nanas untuk minggu berikutnya.

Baca juga: Selain kopi, empat minuman sehat ini cocok untuk memulai hari Anda

Baca juga: Ubah smoothie bowl jadi masker wajah

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018