JBM bukan untuk saya tetapi untuk anak-anak kita khususnya dari keluarga kurang mampu


Jakarta (ANTARA News) - Kegiatan Jam Belajar Masyarakat (JBM) mengantarkan Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi raih penghargaan Komnas Anak Award 2018.

Rustam Effendi di Jakarta, Senin menyebut penganugerahan tersebut diberikan kepadanya atas isiatif program jam belajar masyarakat (JBM) yang disosialisasikan oleh Pemerintah Kota Jakarta Barat mulai Agustus 2018.

"Kemarin sewaktu ditayangkan pada saat penganugerahan ya karena Jam Belajar Malam (JBM)," ujar Rustam.

JBM sendiri merupakan penerapan waktu belajar pada malam hari muai pukul 18.00 WIB - 21.00 WIB bagi seluruh anak-anak usia sekolah di Kota Jakarta Barat.

Penghargaan Komnas Anak Awards 2018 tersebut didapatkannya lantaran ketaktifan Rustam sebagai pemerhati pendidikan bagi anak-anak usia sekolah.

Rustam memaparkan, saat ini sudah ada 102 titik lokasi penerapan JBM di seluruh Jakarta Barat. 

Hingga saat ini, Pemkot Jakarta Barat masih dalam tahap mengajak masyarakat untuk menciptakan ruang dan waktu yang cukup bagi anak-anak usia sekolah belajar pada malam hari.

Ia menginginkan kegiatan JBM tidak dilakukan secara tergesa-gesa sehingga cenderung bersifat paksaan. Sehingga, masyarakat dapat menerapkan kegiatan atas dasar kesadaran sendiri.

Selain itu, kegiatan JBM diharapkan dapat mempersiapkan dan mendorong anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk bisa bersaing dengan anak keluarga mampu yang mendapat pendidikan lebih.

"JBM bukan untuk saya tetapi untuk anak-anak kita khususnya dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi agar kelak mereka lebih pintar dan bisa bersaing," ujar dia 

Rustam pun mengaku senang atas penganugerahan Komnas Anak Awards 2018.

"Senangnya karena program JBM mendapat perhatian dan respon yang baik," katanya. 

Baca juga: Kak Seto: jadilah sahabat anak bukan bos
Baca juga: Sepuluh pemerhati anak terima penghargaan

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018