Solok Selatan dihantam puting beliung, fasilitas umum rusak

Solok Selatan dihantam puting beliung, fasilitas umum rusak

Sejumlah warga mengangkat jenazah melintasi material longsor yang menimbun badan jalan di Jorong Pisulang Lolo, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Rabu (10/2). Longsor yang menimbun badan jalan sepanjang 20 meter dengan ketinggian lima meter, mengakibatkan macet sepanjang kurang lebih dari lima kilometer, sehingga jalan Kota Padang menuju daerah Kerinci putus total. (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Prib)

Hantaman angin puting beliung yang begitu cepat itu mengakibatkan 10 rumah warga rusak parah, Pasar Nagari runtuh, atap SMAN 11 Solok Selatan, masjid, puskesmas pembantu diterbangkan angin, dan tertimpa pohon tumbang
Padang Aro, Sumbar (ANTARA News) - Sebanyak 10 rumah warga dan sejumlah fasilitas umum di Nagari Sungai Kunyit Barat, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mengalami rusak berat dan ringan akibat diterjang angin puting beliung yang terjadi Selasa sore sekitar pukul 17.00 WIB

Wali Nagari Sungai Kunyit Barat, Doni di Padang Aro, Kabupaten Solok, Selasa malam, mengatakan hantaman angin puting beliung yang begitu cepat itu mengakibatkan 10 rumah warga rusak parah, Pasar Nagari runtuh, atap SMAN 11 Solok Selatan, masjid, puskesmas pembantu diterbangkan angin, dan tertimpa pohon tumbang.

"Warga bersama pihak kepolisian dan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih melakukan gotong royong memotong pohon yang menimpa rumah warga serta fasilitas umum lainnya," katanya.

Ia mengatakan, warga yang rumahnya tertimpa pohon untuk sementara mengungsi ke rumah tetangga yang tidak terkena dampak.
 

Tokoh masyarakat setempat Yanuari menyebutkan, akibat puting beliung ini aliran listrik padam karena ada jaringan yang tertimpa pohon.

Kepala Pelaksana BPBD Solok Selatan, Johny Hasan Basri mengatakan tim sudah berada di lokasi memberikan bantuan, dan saat ini masih bergotong royong bersama warga setempat melakukan evakuasi seperlunya, terutama untuk memperbaiki aliran listrik di bawah koordinasi wali nagari dan Forkopimcam.

"Kami masih membantu warga dan melakukan pendataan dilapangan berapa kerugian akibat puting beliung," ujarnya.

Sampai saat ini, katanya, belum ada laporan korban jiwa, dan petugas masih melakukan pendataan kerugian warga, termasuk di titik lainnya yang kemungkinan juga terdampak.

Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Nagari Solok Selatan, Dicky Nanda Utama menyebutkan pihaknya sudah mempersiapkan bantuan bagi para korban, dan akan dikirim malam ini juga, sekarang masih menunggu laporan dari wali nagari terkait jumlah kepala Keluarga yang terdampak.

Bantuan yang dipersiapkan untuk disalurkan katanya berupa peralatan dapur, peralatan rumah tangga, baju sekolah, kasur santai, matras dan kalau diperlukan juga diberikan logistik.


Baca juga: Banjir bandang terjang Solok Selatan, 138 rumah rusak
Baca juga: Jalan nasional di Solok Selatan tertimbun tanah
Baca juga: Ribuan warga Solok Selatan terserang penyakit pascabanjir

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar