Jakarta (ANTARA News) - Pemain Swedia Victor Lindelof dan Marcus Berg mengamankan kemenangan 2-0 timnya atas Rusia dalam pertandingan Nations League yang dimainkan di Friends Arena, Stockholm, Swedia pada Rabu dini hari WIB dan promosi dari Liga B Grup 2 berkat catatan head to head yang lebih baik dibanding tim tamu.

Seperti dilansir laman resmi UEFA, kedua tim menyelesaikan fase grup ini dengan tujuh poin namun hasil imbang di Rusia dan kemenangan pada Rabu dini hari di Stockholm membawa Swedia naik ke strata tertinggi kompetisi baru ini sebagai juara grrup.

Turki terdegradasi ke Liga C dengan tiga poin, menyusul kekalahan 0-1 mereka dari Swedia pada Sabtu.

Bek Lindelof, yang terpilih sebagai pemain terbaik Swedia tahun ini pada pekan lalu, menyambar bola operan Mikael Lustig dari tendangan sudut untuk membawa timnya memimpin pada menit ke-41.

Penyerang Marcus Berg, yang kerap dikritik karena penyelesaiannya yang buruk saat Swedia melaju ke perempat final Piala Dunia di mana mereka kalah dari Inggris, seolah ingin membalas dendam atas semua itu saat memastikan kemenangan timnya dengan memaksimalkan peluang untuk menjadi gol pada menit ke-72.

Ketika tuan rumah Piala Dunia tahun ini Rusia berupaya mengejar dan melakukan sejumlah perubahan di sektor serangan, Swedia kehilangan penyerang Viktor Claesson karena pergelangan kakinya terkilir, namun pasangan bek tengah Lindelof dan Andreas Granqvist tampil kokoh untuk mempertahankan keunggulan.

Kiper Swedia Robin Olsen tidak perlu melakukan terlalu banyak hal ketika tekanan Rusia gagal dikonversi menjadi ancaman nyata, dan pasukan Janne Andersson menutup tahun dengan kemenangan vital.

Swedia akan tampil di Liga A pada Nations League mendatang, dan memiliki peluang tambahan untuk lolos ke Piala Eropa 2020 via playoff jika mereka memerlukannya. Rusia akan tetap bermain di Liga B.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018