counter

Trigol Forrest amankan tiket promosi Skotlandia

Trigol Forrest amankan tiket promosi Skotlandia

Pemain Skotlandia James Forrest merayakan gol yang dicetaknya dalam pertandingan Nations League melawan Israel pada Selasa (20/11/2018). (twitter.com/UEFAEURO)

Jakarta (ANTARA News) - Trigol yang diukir gelandang Skotlandia James Forrest membawa timnya menang 3-2 atas tamunya Israel dalam pertandingan Nations League yang dimainkan di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, dan membawa mereka promosi ke strata kedua kompetisi itu pada Rabu dini hari WIB.

Seperti dilansir laman resmi UEFA, hasil ini, yang juga mengamankan tiket playoff Skotlandia ke Piala Eropa 2020 jika mereka gagal lolos otomatis, membawa mereka memuncaki klasemen Grup 1 di Liga C dengan sembilan poin dari empat pertandingan, unggul tiga poin atas Israel dan enam poin atas Albania.

Serbia juga mengamankan laju mereka ke Liga B dengan kemenangan 4-1 atas Lithuania yang mengunci tiket dari Grup 4 dengan 14 poin dari enam pertandingan, unggul dua poin atas Romania yang menang 1-0 di Montenegro.

Skotlandia tertinggal terlebih dahulu melalui sepakan dari jarak 25 meter yang dilepaskan penyerang Israel sekaligus Brighton & Hove Albion Beram Kayal sebelum Forrest, yang mencetak dua gol pada Sabtu saat timnya menang 4-0 di Albania, membalikkan jalannya pertandingan melalui penyelesaian tajamnya.

Pemain sayap Celtic itu menyamakan kedudukan pada menit ke-34 ketika ia menyambar bola pantul dari jarak 12 meter setelah tembakan Andy Robertson diblok, dan membawa Skotlandia berbalik memimpin dua menit sebelum turun minum dengan upayanya dari dalam kotak penalti.

Ryan Fraser, yang menjadi pengumpan pada gol kedua, kembali memberi assist pada menit ke-64 ketika Forrest menerima operan mendatar, menaklukkan seorang pemain bertahan, dan dengan tenang mengecoh kiper Israel Ariel Harush.

Skotlandia dipaksa bertahan pada fase akhir pertandingan setelah Eran Zahavi mencetak satu gol balasan untuk tim tamu dengan tembakan mendatar dari jarak 20 meter dan kiper tuan rumah Allan McGregor mampu mengadang tembakan Tomer Hemed pada menit-menit akhir laga.

Serbia memimpin 2-0 atas Lithuania ketika gol bunuh diri Arturas Zulpa dan tandukan Aleksandar Mitrovic membawa mereka memimpin setelah hasil imbang tanpa gol pada babak pertama.

Lithuania kemudian mampu memperkecil ketertinggalan melalui gol Deimantas Petravicius.

Pemain pengganti Aleksandar Prijovic menanduk bola untuk menjadi gol ketiga Serbia, sebelum Adem Ljajic menutup serangan balik cepat untuk mengamankan kemenangan Serbia pada malam yang dingin di Stadion Partizan.

Skotlandia dan Serbia bergabung dengan Norwegia dan Finlandia, yang telah lebih dulu mengamankan tiket ke Liga B. 

Baca juga: Swedia amankan tiket promosi di Nations League

Baca juga: Ceko menang 1-0 atas Slovakia untuk pastikan bertahan di Liga B

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar