Jakarta (ANTARA News) - McLaren menyiapkan livery khusus untuk mobil Formula 1 yang akan dikendarai Fernando Alonso di Grand Prix Abu Dhabi sebagai tanda perpisahan di akhir musim.

Mobil MCL33 itu akan memakai disain warna baru, masih berbasis warna oranye, dengan hiasan pita warna biru, kuning dan merah di penutup mesin di bagian belakang mobil, demikian situs resmi McLaren pada Rabu.

Warna biru, kuning dan merah, yang telah lama menjadi ciri khas helm Alonso adalah warna yang melambangkan kampung halamannya yaitu Asturias.

Selain pita tiga warna itu, ada desain lencana yang terdiri dari tiga warna tersebut di bagian atas dan samping kokpit.

Balapan GP Abu Dhabi akan menjadi pertama kalinya bagi Mclaren F1 untuk turun membalap dengan livery khusus sejak terakhir kali mengenalkan livery khusus untuk mobil Keke Rosberg di GP Portugal pada 1986.

"Kami sangat senang dan bangga bisa membalap dengan livery khusus bagi Fernando di Abu Dhabi akhir pekan ini. Kami ingin GP terakhir dia menjadi spesial di segala hal, dan ini salah satu hal yang bisa kami bayangkan untuk itu," kata CEO McLaren Racing Zak Brown

"Semoga, ini bisa menjadi sedikit hadiah bagi para penggemar Alonso di akhir pekan yang akan sangat emosional nanti," kata Brown.

Juara dunia dua kali Fernando Alonso pada Agustus mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari Formula 1 di akhir musim ini.

Musim ini merupakan musim ke-17 bagi Alonso di F1 dan tahun kelima bersama Mclaren.

"Setelah 17 tahun yang hebat di olahraga yang luar biasa ini, saatnya bagi saya untuk membuat perubahan dan melanjutkan," kata Alonso kepada Reuters.

Setelah pensiun dari Formula One, Alonso dijadwalkan masih akan turun membalap pada tahun depan di antaranya di sisa seri World Endurance Championshiop 2018/2019 superseason bersama Toyota-Sebring, Spa dan balapan Le Mans 24 Hours serta kembali membalap di Indianapolis 500 pada bulan Mei di bawah bendera McLaren.

Baca juga: Alonso rencanakan pensiun akhir musim 2018
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2018