Jakarta, (ANTARA News) - Tim Jakarta Pertamina Energi bertekad mengawinkan gelar juara tim putra dan putri kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia yaitu Proliga 2019 yang bakal digulirkan 7 Desember 2018 hingga 24 Februari 2019.

Chief De Mission Jakarta Pertamina Energi Ageng Giriyono di Jakarta, Kamis mengatakan bahwa dengan adanya bibit baru maupun atlet profesional yang bergabung dalam timnya ini diharapkan kedua tim baik putra maupun putri dapat menyatukan gelar juara di Proliga musim 2019.

Guna menghadapi ketatnya persaingan, formasi baru tim Jakarta Pertamina Energi diperkenalkan dalam jumpa pers di Gedung Pusat Pertamina yang terdiri 16 orang tim putra dan 15 orang tim putri. Setiap tim diperkuat oleh dua pemain asing.

Agung Seganti dan Novia Andriyanti akan menjadi kapten masing masing tim yang nantinya bertugas untuk membangun dan menjaga komunikasi yang solid baik sesama pemain lokal maupun asing.

Jakarta Pertamina Energi pun mempertahankan dua pemain asingnya yang telah bekerjasama selama tiga tahun terakhir yaitu Anna Stepaniuk dari Ukraina dalam posisi open spike dan Aleksandar Minic dari Montenegro yang memperkuat posisi opposite. Sebagai pelengkap tim, manajemen JPE mendatangkan pemain baru, yaitu Gina Nicole Mancuso dari USA pada posisi open spike dan Vugar Bayramov dari Azerbaijan pada posisi open spike.

Pelatih tim putra JPE Putut Marhaento mengungkapkan bahwa anak asuhannya sudah berlatih bersama sejak Oktober di pusat pelatihan di Simprug. Kekompakan antara pemain lokal dan asing pun sudah terbentuk selama waktu latihan selama kurang lebih dua bulan.

"Secara umum tim kami sudah siap bertanding dan para pemain tak ada halangan," kata Putut.

Sementara itu pelatih tim putri JPE M. Anshori, mengemukakan bahwa tim putri pun, yang diperkuat enam pemain nasional, siap mempertahankan gelar juara Proliga 2018 nantinya.

"Kami akan pertahankan semaksimal mungkin, karena kita tahu mempertahankan (gelar juara) itu paling sulit," kata Anshori.

Di musim 2018, tim putra Jakarta Pertamina Energi finis di peringkat tiga. Dan kompetisi bola voli paling akbar di Indonesia itu akan kembali  digelar mulai 7 Desember di Yogyakarta.

Tim putri Gresik Petrokimia menyatakan mundur dari keikutsertaannya di liga tersebut sehingga akan ada hanya lima tim putri yang berlaga yaitu Jakarta Pertamina Energi, Jakarta Elektrik PLN, Jakarta Popsivo Polwan, Jakarta BNI 46 dan Bandung Bank BJB Pakuan.
Baca juga: Proliga 2019 tanpa Petrokimia Gresik

Sementara itu di kompetisi putra akan ada enam tim yang terdiri dari Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Garuda dan Sidoarjo Aneka Gas Industri.

Selain di Yogyakarta, Proliga 2019 akan digelar di tujuh kota lainnya yaitu Gresik, Bandung, Pekanbaru, Palembang, Solo, Kediri dan Malang.

Berikut susunan pemain tim Jakarta Pertamina Energi

Tim putra
pelatih : Putut Marhaento

Agung Seganti - open spike
Oky Setia Primadi - open spike
Doni Haryono - open spike
Vugar Bayramov - open spike
Farhan Halim - open spike
Andre Krisdianto - open spike
Delly Dwi P. Heryanto - libero
Muhammad Ridwan - libero
Bang Bang Suharto - setter
Antonius Adi Nugroho - setter
Jasen Natanael Kilanta - setter
Antho Bertiyawan - quicker
Richi Rizky - quicker
Hernanda Zulfi - quicker
Ryno Viagustama - opposite
Aleksandar Mini - opposite


Tim putri
pelatih : Muhammad Anshori

Yolanda Bheta Pangestika - setter
Millenia Gumila - setter
Difa Ameyda - setter
Agustin Wulandhari - quicker
Novi Merliyana - quicker
Asih Titi Pangestuti - quicker
Megawati Hangestri Pertiwi - open spike
Amasya Manganang - open spike
Novia Andriyanti - all round
Nandita Ayu Salsabila - all round
Tanya Aprilia Putri - all round
Yulis Indahyani - libero
Rosalina Wardani - libero
Anna Stepaniuk - open spike
Gina Nicole Mancuso - open spike ***4***








 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018