Jakarta (ANTARA News) - Ratusan anggota Ikatan Batak untuk Indonesia Raya (Ibara) mendeklarasikan dukungan untuk pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddi Uno, di Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi, Jakarta, Kamis malam.
     
Usai deklarasi, Ketua Dewan Pembina Ibara, Rafael Pakpahan mengimbau, seluruh kader menyosialisasikan visi-misi Prabowo-Sandi ke masyarakat. Selanjutnya terus mengawal proses "pesta demokrasi" hingga rekapitulasi suara.
     
"Kita harus kawal TPS (tempat pemungutan suara) sampai KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah). Jangan sampai ada suara-suara yang tercecer karena pertarungan yang riil ada di sana," kata Rafael.
     
Ibara sebelumnya mendukung beberapa pasangan calon yang diusung Partai Gerindra pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 dan 2018. Pasangan Anies Baswedan-Sandi di DKI Jakarta dan Sudirman Said-Ida Fauziah untuk Jawa Tengah, katanya.
     
"Ibara sempat di-bully, 'Kenapa bisa ke Anies-Sandi?' Dengan baik kita bilang, 'Itu pilihan warga negara dan kita harus hormati'," kata Rafael.
     
Sementara itu, Sandiaga menyampaikan apresiasi atas dukungan tersebut. Dia juga menyebut, orang Batak merupakan perantau tangguh serta pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
   
Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini berharap, anggota Ibara menyampaikan kepada seluruh sanak keluarganya se-Nusantara bahwa telah mendukung pasangan penantang petahana.
     
"Ibara bersama Prabowo-Sandi menjadikan Indonesia adil, Indonesia makmur, kita perbaiki ekonomi," katanya.
     
Acara ditutup dengan pemberian kain ulos kepada Sandiaga dan Ketua Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi DKI Mohamad Taufik. Sebelum prosesi penyerahan ulos, pendeta John Hasiloan Pakpahan memberikan pengantar.
     
"Ulos sebagai tanda, kalau kita lihat banyak warna, benang-benang. Bukti kita ada banyak bisa satu. Kita berdoa dan bersatu seperti ulos, supaya Indonesia maju dan berkembang," kata John.
     
Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon yakni nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. 
Baca juga: Tiga minggu lalu Sandiaga bertemu Hercules di bandara
Baca juga: Sandiaga sampaikan orasi ilmiah pada Wisuda UBK

Baca juga: Sandiaga resmikan laman www.prabowo-sandi.com

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2018