counter

Peserta Latgab Pramuka nikmati Danau Gunung Tujuh

Peserta Latgab Pramuka nikmati Danau Gunung Tujuh

Peserta Latgab Nasional Pramuka Perguruan Tinggi 2018 tengah melakukan aktifitas di kawasan Danau Gunung Tujuh di Taman Nasional Kerinci Seblat, Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. (Robby F/DKD Kwarda Pramuka Jambi)

Jambi (ANTARA News) - Peserta Latihan Gabungan (Latgab) Nasional Pramuka Perguruan Tinggi 2018 dari 20 kampus beraktifitas sekaligus menikmati suasana kawasan wisata alam Danau Gunung Tujuh di Taman Nasional Kerinci Seblat, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

"Peserta Latgab Nasional seluruhnya ikut kegiatan hiking ke kawasan Danau Gunung Tujuh di Gunung Kerinci. Kunjungan ke kawasan itu merupakan bagian dari materi kegiatan latihan gabungan ini," kata Ketua Dewan Kerja Daerah Pramuka Provinsi Jambi Robby Ferdian ketika dihubungi dari Jambi, Jumat.

Kegiatan Latgab Nasional Pramuka Perguruan Tinggi 2018 itu diikuti oleh 80 mahasiswa perwakilan dari 20 perguruan tinggi. Mereka beraktifitas pada kegiatan berlevel nasional itu pada 18-23 November 2018.

Selama hampir sepekan, mereka melakukan kegiatan perkemahan, bakti sosial dan lainnya di daerah Sungai Penuh dan Kayu Aro Kabupaten Kerinci.

Menurut Robby kegiatan berlangsung cukup efektif dan hampir seluruh materi terlaksana dengan maksimal. Salah satunya adalah kegiatan tentang aktivitas sosial, penanggulangan kebencanaan longsor serta kegiatan rescue.

"Sejumlah kegiatan digelar, salah satunya adalah antisipasi dan penanganan kebencanaan longsor. Ada juga materi rescue," kata Robby.

Khusus kegiatan di kawasan Danau Gunung Tujuh, yang merupakan kawasan danau tertinggi di Asia Tenggara yakni di ketinggian 1.960 mdpl. Selain beraktifitas menuntaskan materi pramuka, juga para peserta menikmati suasana kawasan danau yang berukuran cukup luas itu.

Para peserta juga menyempatkan pula berfoto bersama di kawasan danau yang merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Kerinci, umumnya masyarakat di Provinsi Jambi itu.

Selain itu, para peserta Latgab Nasional Pramuka Perguruan Tinggi itu juga melakukan aksi menjaga lingkungan dengan memungut sampah, khususnya sampah plastik saat turun dari kawasan Danau Gunung Tujuh ke base camp perkemahan.

"Semua peserta dibekali dengan kantong untuk memungut sampah di sepanjang jalan saat pulang atau turun dari kawasan Danau Gunung Tujuh ke base camp kegiatan perkemahan," kata Robby.

Perkemahan Latgab Nasional Pramuka Perguruan Tinggi 2018 di kawasan Gunung Kerinci tersebut berakhir pada Jumat (23/11) malam.

"Penutupan kegiatan Latgab Nasional ini akan digelar Jumat (23/11) malam," kata Robby menambahkan.

Baca juga: Hidayat Nur Wahid ajak santri pramuka amalkan Pancasila
Baca juga: TNKS Rejang Lebong gelar lomba lintas alam
Baca juga: Perkemahan Wirakarya Perguruan TInggi Keagamaan XIV digelar di Riau
Aksi Bersihkan Pantai Gorontalo Putri Pariwisata Indonesia Gorontalo dan Duta Wisata Gorontalo memungut sampah di pantai Bolihutuo, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Minggu (27/12). Kegiatan tersebut merupakan "Aksi bersih sapta pesona" dari Putri Pariwisata Indonesia Gorontalo dan Duta Wisata Gorontalo 2015 serta Pramuka Saka Bhayangkara. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Jokowi dianugrahi Lencana Tunas Kencana

Komentar