Manchester (ANTARA News) - Pep Guardiola mengungkap sejumlah rumus sukses membesut Manchester City meski perjuangannya tidaklah mudah di ajang Liga Inggris.

"Anda tidak akan membayangkan sepuluh tahun lalu ketika saya kali pertama menjalani karier sebagai manajer. Situasi dan kondisinya sungguh berbeda, namun saya menjalaninya dengan sukacita."

Guardiola menggarisbawahi bahwa evolusi yang konstan merupakan salah satu rumus sukses dalam manajemen sepak bola.

Guardiola membawa City meraup sederet gelar, yang diakui sebagai catatan sejarah tersendiri bagi klub itu.

"Sebagai mahasiswa, Anda menemukan banyak hal yang berbeda setiap tahunnya," katanya saat berbicara dalam simposium tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Liverpool, Inggris.

"Saya melatih (para pemain) dengan cara yang berbeda pada musim lalu. Saya memberi mereka porsi latihan yang berbeda, tentu dengan metode yang baru."

"Saya ingin melihat para pemain asuhan saya mau mengikuti arahan yang diberikan dalam setiap latihan, tidak semata-mata bertujuan meraih kemenangan. Soal menang, tidak seorang pun mengetahuinya, meski saya berharap tim yang saya asuh meraih kemenangan," kata Guardiola.

"Saya ingin menyaksikan para pemain bersukacita senantiasa. Ini yang dapat membuat saya gembira." katanya juga sebagaimana dikutip dari laman manchester evening news.

Baca juga: Pep Guardiola disemprit FA

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018