Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menggalang dana bantuan hingga sekitar Rp3,97 miliar guna misi kemanusiaan menolong korban bencana alam gempa dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Bantuan tersebut didapat dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan KKP dalam beberapa waktu belakangan ini," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurutnya salah satu kegiatan tersebut antara lain mengumpulkan bantuan sukarela dari seluruh pegawai KKP.

Tak hanya itu, KKP juga menyelenggarakan Charity Sale bertajuk "KKP untuk Palu, Sigi, dan Donggala" pada tanggal 16 hingga 24 Oktober 2018, di Kantor KKP.

Dalam kegiatan tersebut dijual berbagai barang yang didominasi barang pribadi Menteri Susi dan beberapa sumbangan dari para pejabat tinggi KKP seperti pakaian, sepatu, tas, perhiasan, perlengkapan rumah tangga, lukisan, buku, dan berbagai barang lainnya.

Selama delapan hari penyelenggaraannya, lanjutnya Charity Sale berhasil menarik total 600 pengunjung dan terjual lebih dari Rp200 juta.

Bantuan juga didapatkan dari donasi 5.000 buah sandal sepatu dari Anne Avantie Management dan telah dikirim dengan KM Camara Nusantara 3, serta diterima korban bencana di Palu, Sigi, dan Donggala pada 27 Oktober 2018.

Menteri Susi juga telah mengantongi bantuan senilai Rp500 juta untuk wilayah bencana yang didapatkannya sebagai kompensasi telah tampil sebagai model dalam gelaran Jakarta Fashion Week mengenakan busana karya Anne Avantie pada 23 Oktober 2018.

Secara keseluruhan, ia menerangkan KKP telah memberikan bantuan berupa makanan dan minuman, sandang dan perlengkapan sehari-hari, bantuan operasional dan perlengkapan kerja seperti genset, eskavator, kendaraan, pompa, dan sebagainya, tenaga medis, pengajar, psikolog, tenaga ahli kebencanaan pesisir, tim ahli tsunami Jepang, dan tim relawan, serta obat-obatan. Bantuan tersebut didistribusikan di 38 kelurahan/desa.

KKP juga telah menggalang berbagai kegiatan Peduli Palu, Sigi, dan Donggala berupa pendirian posko dan dapur umum, penyediaan layanan kesehatan, sekolah lapangan dan trauma healing, bantuan logistik, penyediaan air bersih, dan pembagian logistik. 

Baca juga: LSM targetkan penyaluran bantuan kepada 160 ribu korban
Baca juga: Menteri Susi perpanjang "charity sale" untuk Sulteng

 

 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018