Jakarta (ANTARA News) - Pelatih Arsenal, Unai Emery, mengaku jalan kariernya melatih di Liga Inggris membuatnya merasakan kembali aspek persaingan dalam sebuah kompetisi.

Mantan pelatih Sevilla dan Paris Saint-Germain itu bahkan menilai bahwa Liga Inggris adalah liga paling kompetitif sepanjang kariernya melatih.

"Saya pikir salah satu karakteristik Liga Inggris adalah fakta bahwa setiap pertandingan sarat tuntutan dan Anda harus mengatasi hal tersebut jika ingin mencapai empat besar," kata Emery sebagaimana dilansir laman resmi Arsenal, Jumat.

Menurut Emery, setiap pertandingan di Liga Inggris memiliki tingkat kesulitan yang sepadan lantaran semua tim memiliki pemain berkualitas.

"Dari segi kesulitan tim-tim yang dihadapi, bukan saja tim-tim kuat tapi semua tim di liga ini sulit dihadapi karena memiliki pemain-pemain yang baik dan saya pikir itu yang membuat Liga Inggris, sejauh pengetahuan saya, adalah liga paling kompetitif," katanya.

Baca juga: Arsenal ngotot memboyong Ousmane Dembele

Emery mencontohkan di Spanyol, liga lebih menyaratkan adu strategi dan pengetahuan akan kekuatan lawan.

"Artinya, persiapan Anda harus tepat dan instruksi kepada tim sepanjang 90 menit harus sangat baik," ujarnya.

"Tidak seperti di Prancis, PSG begitu superior dan aspek persaingan tidak begitu nampak. Aspek persaingan adalah hal yang saya temukan kembali di Inggris," kata Emery menambahkan.

Arsenal bakal melawat ke markas Bournemouth di Stadion Vitality untuk melakoni laga lanjutan pekan ke-13 Liga Inggris pada Minggu (25/11).

Baca juga: Mkhitaryan selamatkan catatan tak terkalahkan Arsenal

"Terkait Bournemouth, itu menjadi fokus saya sejak akhir pertandingan melawan Wolverhampton. Saya sadar kami harus bermain di level tertinggi untuk bisa membawa pulang tiga poin, sebab Bournemouth tengah berada dalam kondisi baik dan memiliki pemain-pemain yang luar biasa," katanya.

"Yang paling jelas, mereka memiliki kepercayaan diri yang tinggi saat ini, yang membuat mereka lawan yang kuat," ujar Emery menambahkan.

Saat ini, Arsenal berada di peringkat kelima klasemen sementara dengan raihan 24 poin, satu tempat di atas Bournemouth (20).

Di laga terakhir sebelum jeda internasional, Arsenal harus susah payah menyelamatkan muka mereka sendiri di hadapan publik Emirates demi meraih hasil imbang 1-1, sedangkan Bournemouth takluk 1-2 dalam lawatan ke kandang Newcastle.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Inggris, City amankan puncak usai menangi Derby Manchester

Baca juga: Pep Guardiola ungkap rumus sukses tangani Manchester City

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018