Metropolitan

BPOM ajak masyarakat Jakbar cerdas pilih kosmetik

BPOM ajak masyarakat Jakbar cerdas pilih kosmetik

BPOM menggelar kampanye cerdas memilih dan menggunakan kosmetik aman dan bermutu yang digelar di halaman parkir Pusat Grosir Asemka, Tambora, Jakarta Barat, Sabtu (24/11) (Istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengajak masyarakat Jakarta Barat untuk cerdas memilih dan menggunakan kosmetik yang aman dan bermutu.

Pada Sabtu, BPOM menggelar kampanye cerdas memilih dan menggunakan kosmetik aman dan bermutu yang digelar di halaman parkir Pusat Grosir Asemka, Tambora, Jakarta Barat.

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, Mayagustina Andarini menilai Pasar Asemka merupakan pusat grosir kosmetik di Jakarta, sehingga menjadi tempat kampanye agar tepat sasaran.

"Kami mendekati melalui konsumen, pedagang serta masyarakat untuk mengajak bagaimana mereka bisa memenuhi‎ dan melindungi diri dari kosmetik yang tidak standar," ujar Maya.

Maya juga memberikan tips kepada masyarakat agar tidak menjadi korban kosmetik palsu, yakni ‎dengan melakukan pengecekan yang disebutnya dengan semboyan Cek KLIP (kemasan, label, izin edar dan kadaluwarsa).

"Bahkan nama perusahaan dari yang memproduksi produk itu harus ditulis lengkap sampai nama jalannya. Kalau tidak lengkap jangan dibeli," katanya.

Selain menggelar kampanye cerdas seperti ini, BPOM juha rutin melakukan pengawasan pada produk kosmetik pasaran, termasuk yang dijual melalui media sosial.

Maya mengungkapkan pihaknya melalui deputi penindakan akan terus melakukan patroli siber untuk menindaklanjut bila ada produk kosmetik yang tidak terdaftar atau berbahaya.

"Kami juga sudah kerjasama dengan Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia) untuk melakukan pemblokiran terhadap toko online kosmetik ilegal," tandasnya.

Saat kampanye berlangsung, sejumlah stan merek kosmetik yang dinyatakan aman dan legal turut d‎ipamerkan dan melakukan promosi dalam kampanye kali ini.

Sedangkan beberapa contoh kosmetik tidak aman dan ilegal juga dijejerkan di atas meja di seberang panggung utama.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Perkembangan vaksinasi COVID-19 dari Kemenkes dan BPOM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar