Malang, (ANTARA News) - Kesebelasan Arema FC menuai hasil positif dengan meraih tiga poin usai menundukkan tamunya Barito Putra 3-1 dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2018 di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu petang.

Tiga gol Arema yang bersarang ke gawang Barito Putra yang dikawal M Riyandi masing-masing disarangkan oleh Sunarto pada menit ke-29, Makan Konate menit ke-41 dan Ahmad Nur Hardianto pada menit ke-89. Sementara gol semata wayang yang memperkecil ketertinggalan Barito Putra dilesatkan Samsul Arif pada menit ke-61.

Sejak awal babak pertama, Arema FC langsung menekan untuk mengincar gol cepat. Sementara tim tamu tak membiarkan Arema FC dengan mudah melancarkan misi mereka itu. Berkali-kali usaha yang dilakukan Singo Edan selalu gagal.

Pada menit ke-10, Arthur Cunha terlibat benturan keras dengan Jayus Hariono karena sama-sama ingin mengamankan bola, akibatnya keduanya harus mendapat perawatan. Namun, tak memengaruhi permainan kedua tim.

Menit ke-17, Arema FC mendapat peluang emas hasil umpan Makan Konate, namun sayang Sunarto belum dapat memanfaatkan peluang itu, bahkan hingga memasuki menit ke-25, Arema FC masih sangat kesulitan menerobos pertahanan Barito Putera, karena kokohnya pertahanan tim asuhan Jacksen F Tiago itu.

Setelah melakukan usaha berkali-kali dan terus mencari celah, pada menit ke-29, Arema FC mampu memecah kebuntuan dengan gol hasil tandukan Sunarto yang gagal diselamatkan kiper Barito Putra M Riyandi.

Unggul satu gol, Arema makin bersemangat melakukan serangan dan membuahkan hasil. Arema menggandakan kedudukan di menit ke-41. Umpan Dendi Santoso diselesaikan dengan sempurna oleh Makan Konate dan skor berubah 2-0 hingga babak pertama berakhir.

Memasuki 45 menit babak kedua, Barito Putra melipatgandakan serangan dan memberikan perlawanan untuk memperkecil ketertinggalan. Laskar Antasari itu pun akhirnya mampu memperkecil skor menjadi 2-1 pada menit ke-61 melalui tendangan Samsul Arif.

Detik-detik akhir tuntasnya babak kedua, Arema mendapatkan hadiah penalti di menit ke-89. Wasit Dodi Setia Purnama menunjuk titik putih usai Ady Setiawan handball di kotak terlarang.

Ahmad Nur Hardianto yang dipercaya sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan emas ini dan tanpa kesulitan menjebol gawang M Riyandi. Skor berubah 3-1 dan bertahan hingga wasit menitup peluit panjangnya tanda babak kedua berakhir.

Raihan tiga poin tersebut membawa Arema naik ke posisi kedelapan dengan 44 poin dari 32 laga. Sedangkan Barito ada di peringkat 11 dengan 43 poin.
Baca juga: Bantai Persekam Metro FC 5-1, Arema melaju ke 32 besar Piala Indonesia
 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018