Jakarta (ANTARA News) - Borussia Dortmund memantapkan posisi mereka sebagai pemuncak klasemen dengan raihan 30 poin setelah mengalahkan FSV Mainz 2-1 dalam laga pekan ke-12 Liga Jerman di Stadion Opel Arena, Mainz, Jerman, Minggu dini hari WIB.

Gol-gol Paco Alcacer dan Lukasz Piszczek di babak kedua tak hanya memastikan kemenangan Dortmund tetapi juga membuat mereka kini unggul tujuh poin atas para pesaing terdekat, demikian laman resmi Liga Jerman.

Hasil itu sekaligus membuat tim besutan Lucien Favre tersebut kini mengantongi tujuh kemenangan dalam delapan pertandingan terakhir mereka di Liga Jerman, dan mereka saat ini belum terkalahkan serta unggul tujuh poin dari Eintracht Frankfurt (23) di urutan kedua, di tengah upaya memburu gelar Liga Jerman pertama mereka sejak 2012.

Sementara itu di laga lain, juara bertahan Bayern Muenchen, yang memenangi enam gelar terakhir Liga Jerman, harus puas berada di peringkat kelima setelah bermain imbang 3-3 melawan Fortuna Duessedorf.

Pemain asal Spanyol Alcacer, yang Dortmund telah sepakat untuk merekrutnya secara permanen dari Barcelona pada Jumat dengan ikatan kontrak lima tahun yang dimulai pada Januari, mengukir gol kesembilannya musim ini pada menit ke-66, dua menit setelah dimainkan, untuk membuat dirinya memuncaki daftar pencetak gol Liga Jerman.

Delapan gol dicatatkannya saat tampil sebagai pemain pengganti.

Kegembiraan Dortmund tidak bertahan lama, di mana pemain Mainz Robin Quaison menyamakan kedudukan empat menit kemudian.

Bagaimanapun, Dortmund mampu menjaga fokus dan mempertahankan tekanan sampai pemain bertahan Piszczek melepaskan tembakan melengkung dari tepi kotak penalti pada menit ke-76, untuk mengamankan tiga poin bagi sang pemuncak klasemen.

Di Allianz Arena, Dodi Lukebakio melengkapi trigolnya pada fase akhir pertandingan untuk membawa Duesseldorf menahan imbang tuan rumah Muenchen dengan skor 3-3.

Baca juga: Muenchen kehilangan James Rodriguez

Hasil ini merupakan kesuksesan besar bagi tim promosi Duesseldorf, namun merupakan kejutan besar bagi Muenchen di mana mereka kini tanpa kemenangan dari tiga pertandingan liga.

Klub Bavaria itu, yang sempat dua kali unggul dua gol dan mencatatkan 75 persen penguasaan bola, kini berada di peringkat kelima dengan 21 poin, tertinggal sembilan poin dari Dortmund.

Niklas Suele membawa tuan rumah memimpin pada menit ke-17 dan Thomas Mueller menggandakan keunggulan Muenchen tiga menit berselang saat mereka terlihat akan meraih kemenangan mudah.

Muenchen sangat memerlukan suntikan kepercayaan diri setelah mereka kalah dari Dortmund pada pertandingan kompetitif terakhir sebelum jeda internasional.

Namun Duesseldorf mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-44 melalui Lukebakio, yang dipinjam dari Watford, dengan satu-satunya peluang mencetak gol mereka di babak pertama.

Mueller merestorasi keunggulan dua gol mereka pada menit ke-58 dengan tembakan mendatar dari operan Robert Lewandowski, tetapi Muenchen, yang minim determinasi di lini depan, gagal menyelesaikan perlawanan sang tamu.

Pemain asal Belgia Lukebakio kembali mencetak gol untuk membuat fase akhir laga berlangsung menegangkan, dan pemain 21 tahun itu menghancurkan harapan tuan rumah mendapat tiga poin, saat ia mampu menjauhi pengawalnya untuk menaklukkan kiper Manuel Neuer pada menit ke-93.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Jerman, Dotmund tundukkan Muenchen di Klassiker

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018