Jakarta, (ANTARA News) - GP Abu Dhabi menuntaskan musim balapan Formula One 2018 pada Minggu (25/11) dengan Lewis Hamilton (Mercedes) menutup seri pamungkas itu dengan sempurna, start dari pole position dan finis pertama.

Berikut ini analisa setiap tim di balapan penutup F1 2018 seperti dilansir Reuters :

Mecedes (Lewis Hamilton P1, Valtteri Bottas P5)
Juara dunia lima kali Hamilton, yang start dari pole position, merebut kemenangannya ke-11 di musim ini dan ke-73 kalinya selama karir membalapnya. Pebalap asal Inggris itu juga menjadi pebalap pertama yang meraih poin melebihi 400 di satu musim. Bottas memulai balapan di P2 tapi mengalami kendala di rem dan mendapati ban bocor setelah bersenggolan dengan Max Verstappen dari Red Bull sehingga menyebabkan pebalap Finlandia itu masuk pit dua kali. Bottas mengakhiri musim dengan mencetak lap tercepat paling banyak. Sementara itu Mercedes telah mengunci gelar juara konstruktor selama lima kali berturut-turut.

Baca juga: Hamilton tutup seri pamungkas F1 dengan kemenangan

Ferrari (Sebastian Vettel P2, Kimi Raikkonen retired)
Vettel naik satu peringkat dari posisi startnya dan finis runner-up. Raikkonen harus berhenti balapan karena masalah mesin setelah tujuh lap. Juara dunia tahun 2007 itu, sebelum pindah ke Sauber, mengakhiri balapan dengan Ferrari tanpa finis. Pebalap Finlandia itu berada di peringkat tiga klasemen akhir pebalap.

Red Bull (Max Verstappen P3, Daniel Ricciardo P4)
Verstappen yang start dari P6 mampu menyalip Bottas tapi terganggu dengan percikan oli dari mesin mobil Pierre Gasly di lap-lap terakhir di kaca helmnya. Dia mengatakan bahwa itu seperti membalap di jalanan berkabut. Ricciardo di balapan terakhirnya bersama Red Bull sebelum bergabung bersama Renault musim depan, start di P5 dan sempat memimpin lomba beberapa putaran setelah Hamilton melakukan pitstop lebih awal.

Baca juga: Renault-Red Bull berpisah usai GP Abu Dhabi

Renault (Carlos Sainz Jr P6, Nico Hulkenberg retired)
Hulkenberg mengakhiri balapan di lap pertama setelah mobilnya terbalik karena bersenggolan dengan mobil Grosjean (Haas). Pebalap Jerman itu keluar dari mobilnya setelah dibantu marshal tanpa cedera. Hulkenberg finis di peringkat tujuh klasemen akhir pebalap. Sementara itu poin yang diperoleh Sainz membuat capaian poin Renault di klasemen konstruktor menjadi 122, dua kali lebih banyak dari pada capaian mereka musim lalu. Sainz akan membalap tahun depan bersama McLaren.

Haas (Romain Grosjean P9, Kevin Magnussen P10)
Poin ganda untuk Haas, yang melompat dari posisi delapan tahun lalu ke posisi lima klasemen konstruktor tahun ini. Magnussen finis terbaik sepanjang karirnya di peringkat 9 klasemen pebalap. Sementara mobil Grosjean sempat bersenggolan dengan mobil Hulkenberg, yang menyebabkan mobil Renault itu terbalik di lap pertama.

McLaren (Fernando Alonso P11, Stoffel Vandoorne P14)
Juara dunia dua kali Fernando Alonso melakukan perpisahan dengan McLaren dan Formula One tapi gagal mengamankan poin di balapan terakhirnya. Pebalap Spanyol itu juga mendapatkan tiga kali penalti lima detik karena beberapa kali mencoba mengambil kesempatan dengan memotong lintasan. Vandoorne, yang start dari P18, sementara itu juga melakoni balapan terakhirnya di F1 sebelum pindah ke Formula E musim depan.

Baca juga: McLaren siapkan livery khusus untuk Alonso sebagai tanda perpisahan

Force India (Sergio Perez P8, Esteban Ocon retired)
Ocon mengakhiri balapan di lap 44 karena kebocoran oli suspensi mobilnya. Mobilnya mengeluarkan asap ketika memasuki jalur pit dan harus didorong ke pinggir. Pebalap asal Prancis itu akan bergabung bersama Mercedes musim depan sebagai pebalap cadangan. Sementara itu Perez mengantongi empat poin dan membawa tim mereka tetap berada satu peringkat di atas Sauber.

Sauber (Charles Leclerc P7, Marcus Ericsson retired)
Sauber mengalami kemajuan dengan finis di peringkat delapan konstruktor dari peringkat buncit tahun lalu. Leclrec akan pindah ke Ferrari menggantikan Kimi Raikkonen yang pindah ke Sauber musim depan. Sementara Ericsson akan meninggalkan F1 dan membalap di IndiCar. Pebalap Swedia itu berhenti balapan di lap 26 karena masalah teknis ketika berada di P10.

Toro Rosso (Brendon Hartley P12, Pierre Gasly retired)
Gasly mengakhiri balapan dengan mesin yang berasap di lap 48 ketika sedang mengincar poin. Dia akan pindah ke Red Bull pada 2019. Sedangkan Hartley, yang masa depan membalapnya belum jelas, menabrak pecahan bagian mobil dan merusak sayap depan mobilnya di lap pertama. Dia masuk pit dan melanjutkan balapan dengan satu set ban baru dan sayap depan yang memiliki spesifikasi lama.

Williams (Lance Stroll P13, Sergey Sirotkin P15)
Ini adalah musim buruk bagi tim juara Williams, yang hanya meraih 7 poin di klasemen konstruktor. Sirotkin akan digantikan oleh pebalap Polandia Robert Kubica musim depan, sementara Stroll akan pindah ke Force India dan digantikan oleh juara dunia F2 George Russell.

Klasemen Konstruktor Formula 1 musim 2018 setelah GP Abu Dhabi
1     Mercedes     655 poin
2     Ferrari     571
3     Red Bull Racing TAG Heuer     419
4     Renault     122
5     Haas Ferrari     93
6     McLaren Renault     62
7     Force India Mercedes     52
8     Sauber Ferrari     48
9     Scuderia Toro Rosso Honda     33
10     Williams Mercedes     7
EX     Force India Sahara     0


 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018