Bandarlampung (ANTARA News) - Calon Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin dalam kunjungan ke Provinsi Lampung, di Bandarlampung, Senin, antara lain menyampaikan orasi kebangsaan terkait tema ibu sebagai tiang negara.

Ma`ruf didaulat berbicara sebagai narasumber utama Orasi Kebangsaan itu, sekaligus melakukan Pengukuhan Relawan Srikandi Jokowi-Ma`ruf Provinsi Lampung.

Di hadapan ribuan massa pendukung didominasi kaum ibu yang berasal dari 15 kabupaten/kota se-Lampung, Ma`ruf yang juga Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2015-2020 menyampaikan poin bahwa ibu adalah tiang negara.

"Masa depan anak-anak kita ditentukan oleh mereka. Masa depan bangsa kita ditentukan pula oleh keberhasilan kaum ibu mendidik dengan penuh kasih sayang kepada anak-anaknya," ujar Ketua Umum MUI nonaktif yang akrab disapa Abah itu.

KH Ma`ruf Amin dijadwalkan melakukan kunjungan ke Lampung pada Senin hingga Selasa (27/11) besok.

Didampingi istri, Wury Estu Handayani, Ma`ruf Amin tiba di Bandara Radin Inten II, Natar, Lampung Selatan dan langsung menuju ke Sekretariat Rumah Keluarga Ma`ruf Amin (KMA) Wilayah Lampung di Jalan Way Sekampung, Pahoman, Telukbetung, Bandarlampung.

Di sana, keduanya disambut Korwil Rumah KMA Lampung yang juga anggota F-PKB DPR RI Aryanto Munawar, dan Sekretaris Tim Kampanye Daerah Koalisi Indonesia Kerja (TKD-KIK) Jokowi-Ma`ruf Amin yang juga Ketua F-PKB DPRD Lampung Hidir Ibrahim.

Hadir pula beberapa pimpinan parpol pengusung-pendukung dan relawan Jokowi-Ma`ruf Amin, di antaranya Ketua Relawan Srikandi Jokowi-Ma`ruf Lampung yang juga Pembina Majelis Taklim Rachmat Hidayat Lampung Eva Dwiana Herman HN.

Tampak hadir Ketua Bravo-5 Lampung Andi Desfiandi didampingi Bendahara Ary Meizari Alfian, beberapa politisi PKB, pengurus PW Nahdlatul Ulama (NU) Lampung, Ketua Satgas Banser Lampung Tatang, dan lainnya.

Ma`ruf Amin sempat mengapresiasi kehadiran Relawan Srikandi pimpinan Eva Dwiana Herman HN.

Setelah resmi dikukuhkan, istri Ketua Satgas Cakra Buana Lampung Herman HN yang juga Wali Kota Bandarlampung ini, menegaskan kembali strategi mengetuk hati dan menyapa rakyat dari pintu ke pintu, demi mensosialisasikan capaian kinerja Pemerintahan Jokowi, visi-misi dan program kerja Jokowi-Ma`ruf dalam rangka memenangkan pasangan ulama-umara itu pada Pilpres 2019.

Usai Shalat Zuhur dan makan siang, KH Ma`ruf Amin selanjutnya kembali ke Rumah KMA untuk bersilaturahmi dengan sejumlah ulama dan tokoh lintas agama.

Kiai yang juga dikenal pakar ekonomi syariah itu, langsung bergegas memenuhi undangan sebagai pembicara pada Kuliah Umum sivitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung di Sukarame, Bandarlampung, dalam kapasitas sebagai guru besar hukum ekonomi syariah dan Ketua Dewan Syariah Nasional (DSN) MUI.

Ma`ruf Amin berbicara di hadapan ribuan mahasiswa peserta kuliah umum bertema "Peran Hukum Islam dalam Pengembangan Arus Baru Ekonomi Syariah di Indonesia".

Senin malam ini, setelah Isya, Kiai Ma`ruf bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Walisongo, Kampung Sukajadi, Kecamatan Batanghari Nuban, Lampung Tengah.

Sementara Selasa (27/11) besok pagi, KH Ma`ruf Amin direncanakan berkunjung ke Ponpes Darul Maarif, dan mengikuti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes PEMNU.

Di sana pula, siangnya Kiai Ma`ruf akan bersilaturahmi bersama seluruh keluarga besar Nahdlatul Ulama se-Lampung, sebelum bertolak kembali ke Jakarta.

Pilpres 2019 diikuti dua calon presiden, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Ma'ruf Amin bahagia masyarakat terus deklarasikan dukungan
Baca juga: Relawan Jokowi gelar konsolidasi matangkan strategi pemenangan
Baca juga: Relawan SEPI deklarasikan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018