Jakarta (ANTARA News) - Menjaga kebersihan gigi dan mulut salah satunya bisa Anda mulai dengan berkumur, seperti disarankan oleh ahli kesehatan. 

"Makanan setelah 2-3 jam lengket. Habis makan berkumur. Analoginya, gigi dan mulut bukan mobil sedan melainkan traktor off roader. Setelah terkena lumpur, lumpur sebelum mengeras harus disemprot menggunakan air," ujar drg. Bambang Nursasongko, SpKG (K) dari IKORGI UI di Jakarta, Selasa. 

Berkumur yang benar ialah benar-benar mengulum mulut yang sudah terisi air selama beberapa menit lalu buang air itu. Cara ini setidaknya untuk memastikan tidak ada makanan menempel di gigi karena bisa memunculkan bau mulut dan mencegah gigi menguning. 

Selain berkumur, menyikat gigi teratur juga penting. Untuk frekuensi menyikat gigi, sebaiknya lakukan dua kali dalam sehari yakni sebelum tidur dan setengah jam setelah sarapan. 

"Habis makan mulut menjadi asam. Ibarat garam terkena air bisa hancur. Tunggu setengah jam dulu supaya saliva (air ludah) menetralisir," kata Bambang. 

Kemudian, agar gigi tak mudah terkikis, sebaiknya hindari konsumsi minuman berkarbonasi atau bersoda.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018