counter

Kesalahan saat pakai pasta gigi sensitif

Kesalahan saat pakai pasta gigi sensitif

Ilustrasi (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA News) - Bagaimana cara Anda menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif? Pasta ditaruh di atas sikat lalu Anda gosokan pada gigi seperti menggosok gigi pada umumnya? 

Jika iya, maka cara Anda kurang tepat, menurut drg. Bambang Nursasongko, SpKG (K) dari IKORGI UI Jakarta Pusat. 

Cara yang tepat adalah usai menyikat gigi menggunakan pasta gigi biasa, berkumurlah lalu oleskan pasta gigi khusus gigi sensitif pada leher gigi. 

"Dianjurkan setelah menyikat gigi, berkumur, ambilah pasta gigi (untuk gigi sensitif) oleskan di leher gigi. Diamkan satu menit lalu bersihkan," kata dia dalam media talk Sasha Halal Toothpaste bertajuk “Hijrah Kesehatan Gigi Jadi Lebih Baik" di Jakarta, Selasa. 

Bambang mengingatkan, gigi sensitif merupakan pertanda ada yang salah pada gigi dan gusi Anda. Penggunaan pasta gigi sekalipun untuk gigi sensitif hanya merupakan pertolongan pertama, tak menghilangkan penyebabnya. 

"Mahkota gigi seperti helm. Gusi seperti jaket. Kalau gusi turun jaket turun kena angin, dingin. Lapisan kedua gigi berpori-pori, kalau ngilu pertanda ada yang tidak benar. Memakai pasta gigi anti ngilu hanya menghilangkan gejala, hanya pertolongan pertama," kata dia. 

Oleh karenanya, segera berkonsultasi pada ahli kesehatan menjadi cara yang perlu Anda tempuh untuk mengatasi masalah gigi sensitif Anda. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Pemerintah kembalikan hak CPNS dokter gigi Romi

Komentar