Jakarta (ANTARA News) - Menjaga kesehatan dan kebersihan organ kewanitaan penting dilakukan oleh setiap wanita, selain untuk mencegah penyakit, merawat daerah intim juga sangat penting untuk menunjang kepercayaan diri.

Praktisi kesehatan dr. Sonia Wibisono pun membagikan tips dalam menjaga kesehatan organ kewanitaan.

"Secara higienis setiap hari sangat penting menjaga kekeringan organ intim tidak boleh basah. Kalau celana dalam basah bisa diganti jangan didiamkan. Kalau nggak bisa pakai lapisan yang bisa diganti," ucap dr. Sonia Wibisono saat berbincang di kawasan Tanjung Barat, Jakarta, Selasa.

Dia juga menyarankan kepada wanita agar berhati-hati ketika menggunakan air seperti di fasilitas toilet umum yang kebersihannya belum tentu terjamin.

"Hati-hati menggunakan air di toilet umum karena di Indonesia masih belum bersih. Airnya dapat dari mana, misalnya dapat dari kran kadang krannya karatan makanya tidak bisa jadi jaminan," ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada wanita agar tidak sembarangan menggunakan sabun untuk membersihkan organ kewanitaan. Sebab, jika salah bisa membunuh bakteri baik yang ada di organ kewanitaan tersebut.

"Organ intim wanita sifatnya asam antara 3,5 sampai 4,5 pH dan memang harus dipelihara karena ada bakteri yang gunanya menjaga kesehatan organ intim itu," ujar Sonia.

"Asamnya harus ada karena bakteri baik menjaga organ intim wanita dan itu tidak boleh mati kalau mati terkena sabun lain yang bukan khusus untuk organ intim bisa menyebabkan kanker makanya harus pakai sabun khusus," tutupnya.

Baca juga: Sonia Wibisono luncurkan produk perawatan organ intim kewanitaan

Baca juga: Malas dan berlebihan bersihkan miss V dampaknya sama-sama buruk

Baca juga: Cara bersihkan miss V yang benar

 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018