counter

Liga Champions

Dwigol Tadic loloskan Ajax ke 16 besar Liga Champions

Dwigol Tadic loloskan Ajax ke 16 besar Liga Champions

Penyerang Ajax Amsterdam Dusan Tadic rekan-rekannya merayakan gol yang dicetaknya dalam pertandingan Liga Champions melawan AEK Athens pada Selasa (27/11/2018). (twitter.com/ChampionsLeague)

Jakarta (ANTARA News) - Ajax Amsterdam mencapai 16 besar Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2006 setelah dua gol Dusan Tadic membawa klub Belanda tersebut menang 2-0 atas AEK Athens dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Olympic, Athena, Yunani pada Rabu dini hari WIB.

Seperti dilansir laman resmi UEFA, hasil ini membuat mantan juara Eropa Ajax memuncaki klasemen Grup E dengan 11 poin dari lima pertandingan, unggul satu poin atas Bayern Muenchen yang akan menjamu tim peringkat ketiga Benfica (empat poin) pada pertandingan yang dimainkan lebih larut.

AEK, yang harus kehilangan Marko Livaja karena diusir wasit keluar lapangan pada babak kedua, sama sekali tidak memiliki poin dan tersingkir dari kompetisi Eropa setelah menelan kekalahan beruntun kelima.

Tadic membawa Ajax unggul melalui penaltinya pada menit ke-68 dan mengunci kemenangan empat menit berselang setelah tim tamu, yang memiliki empat gelar di kompetisi klub elit Eropa, tampil dominan atas sang lawan.

Meski mendominasi penguasaan bola, Ajax gagal untuk menciptakan peluang bagus sebelum upaya gelandang Donny van de Beek mengenai tiang gawang pada menit ke-63 setelah Tadic mengirimkan umpan tarik dari kiri.

Wasit asal Inggris Michael Oliver memberi hadiah penalti setelah tangan Livaja mengenai bola tendangan bebas dan mengusir pemain Kroasia itu dengan kartu kuning kedua karena protesnya, sebelum Tadic mengonversi penalti dengan sempurna.

Saat AEK sedang terpukul, tim tamu memberikan hantaman maut ketika pemain pengganti Klaas Jan Huntelaar menyodorkan bola kepada Tadic dan penyerang Serbia itu tidak melakukan kesalahan untuk menaklukkan kiper Vasilios Barkas dari jarak delapan meter.

AEK gagal mencetak gol hiburan pada fase akhir pertandingan, ketika kiper tim tamu Andre Onana melakukan penyelamatan bagus untuk mencegah tembakan keras Lucas Boye dari tepi kotak penalti masuk ke gawangnya.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:
AEK (4-2-3-1): Barkas, Bakakis, Oikonomou, Chygrynskiy, Hult, Galanopoulos, Alef, Galo (Boye 73'), Livaja, Mantalos (Klonaridis 78'), Ponce (Giakoumakis 81')

Ajax (4-3-3): Onana, Mazraoui (Kristensen 81'), De Ligt, Woeber, Blind, Van de Beek (Labyad 86'), Schoene, De Jong, Neres, Dolberg (Huntelaar 62'), Tadic

Baca juga: Hasil dan klasemen Grup E, Ajax dan Muenchen belum terbendung

Baca juga: Gol telat Mazraoui amankan kemenangan Ajax atas Benfica

Baca juga: Ajax curi satu poin dari kandang Bayern Muenchen

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar