Liga Champions

Mandzukic bawa Juventus kalahkan Valencia dan lolos ke 16 besar

Mandzukic bawa Juventus kalahkan Valencia dan lolos ke 16 besar

Penyerang Juventus, Mario Mandzukic (kanan), berbincang dengan rekannya, Cristiano Ronaldo (kiri), usai mencetak gol ke gawang Valencia dalam laga penyisihan Grup H Liga Champions di Stadion Allianz Arena, Torino, Italia, Selasa (27/11/2018). (uefa.com)

Jakarta (ANTARA News) - Sebuah gol semata wayang yang dicetak penyerang Juventus, Mario Mandzukic, membawa timnya mengalahkan Valencia 1-0 dalam laga penyisihan Grup H Liga Champions di Stadion Allianz Arena, Torino, Italia, Rabu pagi WIB.

Hasil itu sekaligus mengantarkan Juventus lolos ke 16 besar Liga Champions, setelah tiga poin tambahan yang mereka kantongi membuat Si Nyonya Tua mantap di puncak klasemen Grup H dengan koleksi 12 poin, demikian catatan laman resmi UEFA.

Sebaliknya, asa Valencia (5) untuk melaju ke 16 besar harus pupus, lantaran di laga lain Manchester United (10) secara dramatis menang atas tamunya BSC Young Boys (1) di Old Trafford.

Selepas melakoni laga pamungkas menghadapi United pada 13 Desember mendatang, Valencia akan melanjutkan kiprah mereka di babak 32 besar Liga Europa.

Baca juga: Fellaini cetak gol di pengujung laga, Manchester United lewati Grup H

Valencia sempat memperoleh peluang berbahaya pada pengujung babak pertama lewat bek Mouctar Diakhaby yang berlari dan melompat menanduk umpan sepak pojok Dani Parejo di area tiang dekat.

Sayangnya, bola berhasil dihentikan sebelum melewati garis gawang oleh kiper Wojciech Szczesny lewat penyelamatan gemilang.

Usai melewati skor imbang tanpa gol di babak pertama Max Allegri menambah daya gedor timnya dengan memasukkan Juan Cuadrado menggantikan Alex Sandro, yang praktis mengurangi jumlah pemain di lini belakang.

Namun demikian aktor utama gol penentu kemenangan Juventus tetaplah Cristiano Ronaldo yang dengan piawai membongkar pertahanan Valencia sebelum melepaskan umpan tarik di muka gawang yang disambut mudah oleh Mandzukic dengan sebuah sontekan pada menit 59.

Dua menit kemudian Diakhaby sukses menyarangkan bola ke gawang Szczesny saat menyambut tendangan bebas Parejo, namun ia melakukannya dengan lengan sehingga gol dianulir.

Mandzukic juga berkesempatan menggandakan keunggulan Juventus pada menit 81, ketika ia menerima umpan tarik dari Ronaldo, namun bola sepakannya masih tepat mengarah ke pelukan kiper Neto.

Sesaat kemudian, giliran Valencia yang mendapat peluang lewat situasi sepak pojok yang gagal diantisipasi dengan baik oleh para pemain Juventus, sayang bola sambaran Carlos Soler masih meleset dari sasaran.

Baca juga: Gol Aguero bawa Manchester City ke 16 besar

Baca juga: Hancurkan Benfica 5-1, Muenchen tembus fase gugur


Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Juventus (4-3-1-2): Wojciech Szczesny; Joao Cancelo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Alex Sandro (Juan Cuardado); Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Paulo Dybala (Douglas Costa); Mario Mandzukic, Cristiano Ronaldo
Pelatih: Max Allegri

Valencia (4-4-2): Neto; Daniel Wass, Gabriel Paulista, Mouctar Diakhaby, Jose Gaya; Francis Coquelin, Dani Parejo, Geoffrey Kondogbia (Carlos Soler), Goncalo Guedes; Rodrigo (Kevin Gameiro), Santi Mina (Michy Batshuayi)
Pelatih: Marcelino Garcia Toral

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar