Asupan ASI sangat penting untuk bayi prematur

Asupan ASI sangat penting untuk bayi prematur

Cynthia Lamusu dan anaknya dalam acara peluncuran "ASI untuk Bayi Prematur" di Jakarta, Rabu (28/11/2018). (ANTARA News/Ani Apriliani)

Jakarta (ANTARA News) - Asupan air susu ibu (ASI) sangat penting bagi bayi yang lahir prematur karena mereka membutuhkan banyak nutrisi untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhannya.

"Bayi prematur lebih membutuhkan ASI, karena bayi prematur memiliki kekebalan tubuh yang belum cukup matang,” kata Dr. dr. Rinawati Roshiswatmo, SpA(K), neonatologist yang juga pendiri unit neonatal di RSCM, di Jakarta, Rabu.

Dengan pemberian ASI yang benar kepada bayi prematur dapat memenuhi hampir 100 persen kebutuhan nutrisi bayi prematur hingga usia 6 bulan.

"Tidak ada ibu hamil yang tidak mengeluarkan ASI, dan ASI juga sangat berharga meski hanya setetes. Karena itu ASI sangat penting. Saya juga menyadari bahwa bayi prematur sangat spesial,” kata artis Cynthia Lamusu.

Cynthia Lamusu yang juga istri aktor Surya Saputra itu sekarang yang memiliki dua anak kembar yang usia keduanya saat ini meninginjak dua tahun.

Menurut dr. Rinawati, meskipun sudah era modern seperti sekarang, angka kelahiran bayi prematur di Indonesia masih tinggi.

"Meskipun sudah era digitalisasi dimana segala informasi dengan mudah dapat dicari, namun angka kelahiran bayi prematur masih tetep tinggi," katanya, meskipun dia tidak menjelaskan berapa angka pastinya.

Mengutip laporan “Born Too Soon” The Global Action Report on Petern Birth dari PBB, Indonesia telah menduduki peringkat kelima dunia untuk negara dengan jumlah bayi prematur terbanyak di dunia, dengan 675.700 bayi prematur pada 2010.

Baca juga: Dokter RSCM luncurkan buku panduan rawat bayi prematur
Baca juga: Bayi prematur harus dicek potensi kebutaan; ini penjelasan ahli

Pewarta: Ani Apriliani
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar