Jakarta (ANTARA News) - PT Pegadaian (Persero) melalui program "The Gade Clean & Gold" memfasilitasi masyarakat Banjarmasin untuk mengubah dan mengelola sampah menjadi tabungan emas.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian Harianto Widodo mengatakan program The Gade Clean & Gold mengajak seluruh masyarakat di Alalak Utara, Banjarmasin, untuk peduli lingkungan dengan mengkapitalisasi sampah menjadi tabungan emas, apalagi mengingat daerah tersebut telah memiliki 211 bank sampah.

"Kami akan memberikan pembekalan untuk mengumpulkan dan mengolah sampah, selanjutnya dikonversikan menjadi Tabungan Emas. Dengan banyaknya bank sampah di daerah tersebut, Pegadaian hadir dengan program Bersih-bersih Lingkungan ‘The Gade Clean & Gold," kata Harianto pada peresmian program di Banjarmasin melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Untuk pengadaan The Gade Clean & Gold ini, Pegadaian membutuhkan pembangunan 1 unit bank sampah dan renovasi 5 unit bank sampah yang sudah ada sebelumnya. Selain itu, Pegadaian memberikan 5 unit sepeda motor roda tiga Viar dan 8 unit gerobak kepada pihak pengelola bank sampah.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan apresiasinya terhadap Pegadaian karena telah membangun The Gade Clean & Gold di lokasi tersebut.

Menurut dia, Kota Banjarmasin telah memiliki bank sampah induk di Kelurahan Alalak Utara, Banjarmasin Utara, berkat dukungan dari Pemerintah Kota yang mewajibkan setiap aparat untuk menjadikan bank sampah ini.

"Kami sungguh mengapresiasi Pegadaian yang telah menjadi lokasi ini sebagai lokasi tujuan CSR perusahaan mengubah sampah menjadi emas," jelas Ibnu Sina.

Sebagai informasi, Kota Banjarmasin telah memiliki 211 bank sampah yang dapat mereduksi 11-13 ton sampah setiap harinya. Dengan produksi harian sampah mencapai 600 ton per hari, hal ini dinilai masih membutuhkan kurang lebih 40 sampai 50 bank sampah setiap tahunnya untuk didirikan di setiap kelurahan agar pemanfaatan sampah lebih optimal.

Kini program The Gade Clean & Gold hadir di tiga kota Indonesia, yakni di Pekanbaru, Bekasi dan Banjarmasin. Kehadiran program ini sudah banyak memberikan manfaat yang telah dirasakan oleh masyarakat setempat karena mereka dapat memanfaatkan sampah menjadi tabungan emas.

Program The Gade Clean & Gold di kota Banjarmasin menjadi wujud kepedulian Pegadaian dan menegaskan kehadiran BUMN Hadir untuk Negeri sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat baik dalam sektor ekonomi maupun lingkungan.

Selain itu juga karena Banjarmasin telah memiliki banyak bank sampah sehingga ke depannya dapat dijadikan contoh untuk bisa diimplementasikan di daerah-daerah lain di Indonesia sebagai desa binaan Pegadaian.

Baca juga: Bank sampah mampu menghasilkan miliaran rupiah
Baca juga: Bank Sampah solusi permasalahan di kota-desa

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018