Jakarta (ANTARA News) - Borussia Dortmund memastikan satu tiket ke babak 16 besar Liga Champions kendati hanya bermain imbang tanpa gol saat menjamu Club Brugge di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Kamis pagi WIB.

Tambahan satu poin cukup membuat tim besutan Lucien Favre itu memastikan lolos, lantaran mereka kini mengoleksi 10 poin, dan tidak mungkin terkejar oleh Brugge (5), mengingat fase penyisihan grup hanya menyisakan satu pertandingan lagi, demikian laman resmi UEFA.

Dortmund mendampingi Atletico (12) yang saat ini bercokol di puncak Grup A setelah menang mudah 2-0 atas AS Monaco (1) di pertandingan yang berlangsung lebih mula.

Die Borussia masih berpeluang untuk menjadi juara Grup A jika di laga pamungkas meraih tiga poin penuh saat melawat ke markas Monaco, pada 12 Desember nanti, dan di pertandingan lain Atletico tak menang melawan Brugge.

Sebaliknya, Brugge sudah dipastikan akan beralih ke babak 32 besar Liga Europa pada awal 2019 mendatang lantaran posisinya mutlak di peringkat ketiga.

Baca juga: Bungkam Monaco, Atletico melangkah ke 16 besar

Tuan rumah sebetulnya menguasai penuh jalannya pertandingan dengan memiliki tak kurang dari 73 persen pengendalian bola sepanjang laga, namun mereka tumpul di lini depan, terlihat dengan hanya dua kali menemui sasaran dari 12 kali percobaan tembakan yang dilepaskan.

Salah satu peluang terbaik yang miliki Dortmund diperoleh Marco Reus pada menit 33 saat ia menerima umpan cantik dari Axel Witsel, namun ia tak cukup tenang ketika berhadapan satu lawan satu dengan kiper Ethan Horvath dan penyelesaiannya malah melenceng dari sasaran.

Baca juga: Napoli pupus asa Red Star ke 16 besar

Baca juga: PSG tundukkan Liverpool 2-1, perbesar asa lolos ke 16 besar


Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Buerki; Lukasz Piszczek, Manuel Akanji, Abdou Diallo (Achraf Hakimi), Dan-Axel Zagadou; Axel Witsel (Thomas Delaney), Mahmoud Dahoud; Christian Pulisic, Marco Reus, Rapahel Guerreiro (Jadon Sancho); Paco Alcacer
Pelatih: Lucien Favre 

Club Brugge (3-1-4-2): Ethan Horvath; Benoit Poulain, Brandon Mechele, Stefano Denswil; Marvelous Nakamba; Clinton Mata, Ruud Vormer (Saulo Decarli), Emmanuel Dennis (Mats Rits), Sofyan Amrabat; Wesley (Lois Openda), Hans Vanaken
Pelatih: Ivan Leko

Baca juga: Gol semata wayang Eriksen bawa Tottenham atasi Inter

Baca juga: Messi cetak gol dan assist, Barcelona pecundangi PSV di kandang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2018