Jakarta (ANTARA News) - Porto dan FC Schalke merengkuh tiket ke babak 16 besar Liga Champions mewakili Grup D selepas rangkaian pertandingan penyisihan grup kelima berakhir pada Kamis pagi WIB.

Kepastian Porto dan Schalke lolos bahkan terjadi ketika pertandingan antara kedua tim belum dilangsungkan, lantaran di laga yang dimainkan lebih awal, Lokomotiv Moskow sukses membenamkan Galatasaray 2-0 di Stadion RZD Arena, Moskow, Rusia.

Kendati demikian, laga Porto kontra Schalke tak kalah seru, tuan rumah sukses membekap tamunya dari Jerman dengan skor 3-1 di Stadion Dragao.

Kemenangan itu sekaligus memastikan Porto menjadi jawara Grup D dengan raihan 13 poin, disusul Schalke (8) di urutan kedua.

Sedangkan Lokomotiv (3) meski masih berada di dasar klasemen di bawah Galatasary (4), kini membuka peluang untuk pindah kompetisi ke Liga Europa jika berhasil menggeser pesaingnya tersebut.

Di laga pamungkas, pada 12 Desember, Lokomotiv akan bertandang ke markas Schalke di VELTINS Arena, sementara Galatasaray menjamu Porto di Turk Telekom.

Lokomotiv membutuhkan kemenangan jika ingin menjaga asa lolos ke Liga Europa, dengan catatan Galatasaray gagal meraih tiga poin penuh dari Porto.

Berikut hasil rangkaian pertandingan pekan kelima Grup D Liga Champions seturut laman resmi UEFA (tuan rumah disebut pertama):

Lokomotiv Moskow 2 - Galatasaray 0 (Ryan Donk bd-43', Vladislav Ignatyev 54') Baca juga: Lokomotiv Moskow tundukkan Galatasaray buat Porto dan Schalke melaju
Porto 3 - FC Schalke 1 (Eder Militao 52', Jesus Corona 55', Moussa Marega 90+4'; Nabil Bentaleb p-89') Baca juga: Porto pastikan juarai Grup D usai bekap Schalke 3-1

Klasemen Grup D
  Tim M M I K Gol P
1 Porto 5 4 1 0 12-4 13
2 FC Schalke 5 2 2 1 5-4 8
3 Galatasaray 5 1 1 3 3-5 4
4 Lokomotiv Moskow 5 1 0 4 4-11 3

Baca juga: Hasil dan klasemen Grup A, Atletico melaju bersama Dortmund

Baca juga: Hasil dan klasemen Grup B, Tottenham buka peluang dampingi Barcelona

Baca juga: Hasil dan klasemen Grup C, Napoli memimpin tapi tiga tim masih berebut tiket 16 besar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018