Semarang (ANTARA News) - PT. Bank Mandiri Persero Tbk mengungkapkan akan merilis fitur transfer dana melalui salah satu aplikasi percakapan terkemuka pada 2019.

Identitas aplikasi percakapan tersebut belum diperbolehkan untuk diungkap ke publik, namun Mandiri memastikan sudah menjalin pembicaraan awal dan saat ini sedang merampungkan proses integrasi, untuk selanjutnya diluncurkan secara resmi.

"Yang pasti untuk transfer akan bisa digunakan di sebuah 'chatting platform'. Segala macamnya sudah diperhitungkan, termasuk dari sisi keamanannya," kata Wakil Senior Presiden Perbankan Digital Bank Mandiri Sunarto Xie di sela-sela pelatihan media di Semarang, Kamis.

Menurut Sunarto, saat ini masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan aplikasi percakapan ‎dibandingkan aplikasi perbankan di ponsel (mobile banking). Sehingga, perseoran merasa perlu bekerja sama dengan perushaan aplikasi percakapan untuk mengoptimalkan layanan perbankan digital.

"Fitur transfer didahulukan karena kegiatan itu merupakan layanan yang paling mendasar oleh konsumen di ranah perbankan digital," ujar dia.

Dia masih eggan merinci skema kerja sama dan juga waktu spesifik peluncuran fitur tersebut. Namun Sunarto membocorkan, ke depannya, tidak hanya transfer dana yang bisa dilakukan di aplikasi percakapan, melainkan juga berbagai pembayaran ritel.

"Pokoknya aplikasi percakapan itu yang paling sering digunakan masyarakat," kata dia, sembari menekankan entitas aplikasi tersebut belum boleh diungkap.

Sebagai gambaran, aplikasi percakapan terkemuka di Indonesia, antara lain Whatsapp, ataupun Line.

Layanan transfer dana di aplikasi percapakan ini merupakan salah satu penerapan Mandiri 4.0. Di tahun depan, Mandiri juga merencanakan akan memperluas layanan perbankan digital di situs perbelanjaan daring (e-commerce), seperti pembukaan rekning. Fitur terkini perbankan digital Mandiri adalah layanan penambahan saldo uang elektronik di situs perbelanjaan daring "e-commerce" Tokopedia.

Bank dengan aset terbesar di Indonesia itu juga memastikan akan segera meluncurkan aplikasi pemindai kode respon cepat (quick response/qr code) untuk layanan pembayaran, sebagai pelengkap mesin perekam data elektronik (Electronic Data Capture/EDC).


Baca juga: Sistem respons cepat Bank Mandiri diluncurkan Januari 2019
Baca juga: Sasar milenial, Mandiri tawarkan KPR berbunga fix 6,5 Persen

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018