Kalau enggak lewat tol itu 1,5 jam dari Ciawi ke Cigombong, kalau lewat tol ini 15 menit jadi sangat cepat
Jakarta (ANTARA News) - Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) memangkas waktu tempuh dari Ciawi ke Cigombong yang merupakan Seksi 1 Tol Bocimi dari semula 1,5 jam menjadi 15 menit. 

"Saya kira banyak sekali ya walaupun ini hanya 15 kilometer dari Ciawi ke Cigombong tapi itu tempat macetnya selama ini. Kalau enggak lewat tol itu 1,5 jam dari Ciawi ke Cigombong, kalau lewat tol ini 15 menit jadi sangat cepat," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono saat peresmian Tol Bocimi Seksi I di Pintu Tol Cigombong I, Bogor, Sabtu. 

Dia mengatakan dengan adanya Tol Bocimi yang merupakan tol Jawa bagian Selatan akan memecah kepadatan di jalur tol Utara, yaitu Tol Cipali. 

"Kita harus segera membuat supaya nggak terlambat lagi kalau engga kita akan seperti Cipali, ini hanya berapa tol sudah penuh sekarang kalau kita enggak segera bikin yang Selatan menurut analisa kami tol yang Utara pun akan segera cepat macet. Orang konsentrasinya pakai jalur Utara semua jadi nanti ini prioritas bagian Selatan," katanya

Basuki menyebutkan nantinya tol Bocimi akan tersambung ke Cilacap, Solo hingga Surabaya. 

"Purwokerto-Cilacap akan dibikin juga setelah Utara tersambung yang Selatan di Desember, termasuk juga nanti Semarang-Demak nah ini sudah tender Semarang-Demak-Kudus-Pati-Rembang, jadi itu jaringan jalannya," katanya. 

Total pekerjaan Tol Trans Jawa dari Merak hingga Surabaya adalah 870 kilometer dan saat ini sudah rampung 630 kilometer dan masih ada 180 kilometer sedang dalam pengerjaan dan ditargetkan selesai akhir tahun ini. 

"Masih ada 180-an kilometer, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Solo-Salatiga dan Kertosono-Wirangan itu sudah bisa dipastikan tidak ada masalah," katanya. 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018