Berbagi kebaikan di Festival Relawan 2018

Berbagi kebaikan di Festival Relawan 2018

Festival Relawan 2018 di Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu (1/12). (ANTARA News/ Nanien Yuniar)

Jakarta (ANTARA News) - Festival Relawan 2018 menghadirkan 15 komunitas dan organisasi untuk mengajak masyarakat, terutama generasi muda, yang ingin menjadi relawan.

"Tujuan acara ini adalah memberikan kesempatan bagi mereka yang belum tahu dunia kerelawanan untuk ambil bagian," papar Community Manager Indorelawan, Marsya Nurmaranti, pada ANTARA News di Piazza Area Gandaria City Mall, Jakarta, Sabtu.

Festival yang sudah diadakan selama tiga kali ini dibuat oleh Indorelawan, Campaign dan Indonesian Future Leaders. 

Ini adalah puncak dan peringatan Hari Relawan Internasional yang jatuh pada 5 Desember dan hari peringatan bencana tsunami Aceh pada 26 Desember.

Salah satu komunitas yang berpartisipasi di antaranya Rumah Dongeng Pelangi yang membuka peluang untuk orang-orang yang ingin belajar mendongeng serta mendongeng untuk anak-anak di berbagai tempat.

"Kami berharap bisa mendapatkan relawan baru sebanyak-banyaknya di acara ini," kata Dian Risellana Putri dari Rumah Dongeng Pelangi.

Komunitasnya tak cuma aktif mendongeng di berbagai tempat, tetapi juga memberikan lokakarya khusus dongeng.

Dari sisi kesehatan, ada komunitas Sehat Jiwa yang baru berdiri pada Juli 2018. Menurut Fasya Khalida Suffah, salah satu pendiri, komunitas ini adalah bentuk kepedulian atas kesehatan jiwa.

Kepada Antara, Fasya menjelaskan kegiatan-kegiatan komunitas tersebut, seperti kelas bahagia yang pernah diberikan pada murid sekolah rakyat Ancol untuk mengenali diri sendiri, cara menghadapi emosi hingga memberikan motivasi.

Menurut Marsya, tercatat 5.800 yang mendaftar untuk datang Festival Relawan 2018 yang penuh sesak dengan pengunjung yang menghampiri berbagai booth dan mendengarkan panel diskusi.

Festival ini menghadirkan tujuh panel diskusi dalam berbagai topik bersama sejumlah tokoh seperti Morgan Oey, Najeela Shihab, Faisal Basri, Paneran Siahaan sampai Chiki Fauzi.
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Mantan pesakitan yang jadi relawan kemanusiaan

Komentar