Kediri, Jawa Timur (ANTARA News) - Lebih dari 1.000 orang dari Kediri dan sekitarnya mengikuti gerak jalan napak tilas Jenderal Sudirman dari Kediri menuju Bajulan di Kabupaten Nganjuk pada Sabtu.

Pertunjukan teater Dwi Tunggal Sang Pejuang Jenderal Sudirman mengantar keberangkatan para peserta di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Kediri.

Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu mengemukakan kegiatan gerak jalan menempuh jarak 37 kilometer itu merupakan bagian dari upaya mengingat perjuangan pahlawan kemerdekaan dan menanamkan rasa cinta Tanah Air.

"Sebagai warga Kota Kediri harus berbangga, Kota Kediri menjadi salah satu rute yang dipilih oleh Panglima Besar Jenderal Sudirman saat berjuang secara gerilya pada zaman dahulu," katanya.

Dia meminta seluruh peserta menjaga sportivitas dan berhati-hati saat menempuh perjalanan mengingat rutenya tidak semuanya mudah, melewati jalan berliku, bukit, hingga sungai.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Kediri Nur Muhyar menyatakan peserta kegiatan, yang tidak hanya berasal dari Kediri, akan melewati enam pos yang masing-masing terdiri atas 10 juri. 

Dalam lomba dengan kategori beregu putra, beregu putri hingga umum itu, pemenang akan mendapatkan uang pembinaan serta penghargaan dari pemerintah kota selain sertifikat dan fasilitas asuransi. Total hadiah yang diperebutkan dalam lomba hingga Rp15 juta. 

Baca juga: Keluarga ralat informasi silsilah orangtua Jenderal Soedirman
 

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko, Asmaul Chusna
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018