Kegiatan ini bagian dari ajang ekspose semua potensi unggulan Babel mulai dari produk, pariwisata, budaya dan kuliner khas daerah yang mencirikan identitas daerah, local heritage dan keunikannya
Jakarta (ANTARA News) - Para pelaku UKM Provinsi Bangka Belitung mempromosikan produk unggulannya di Gedung Smesco Indonesia dalam ajang bertajuk “Smesco Indonesia presents Stunning Bangka Belitung”. 

Direktur Utama Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi mengatakan  pihaknya bekerja sama dengan Pemprov Babel dan Dekranasda Babel menggelar  acara promosi potensi Provinsi Bangka Belitung yakni Stunning Bangka Belitung.

"Kegiatan ini bagian dari ajang ekspose semua potensi unggulan Babel mulai dari produk, pariwisata, budaya dan kuliner khas daerah yang mencirikan identitas daerah, local heritage, dan keunikannya," kata Emilia.

Ia berharap kegiatan itu mampu mendorong para pelaku UKM khususnya di Babel untuk bisa memperluas pangsa pasarnya bahkan ekspor produk keluar negeri.

Stunning Bangka Belitung digelar pada 1 Desember 2018 menghadirkan beragam acara menarik seperti tarian, atraksi pencak silat, penampilan instrumen musik barongsai, demo masak oleh Master Chef Desi Trisnawati, demo tenun cual, fashion show Cual, dan Batik Bangka dengan iringan musik gambus.

Kain cual pada kesempatan itu diangkat sebagai ikon produk unggulan yang diharapkan bisa menjadi komoditas ekspor di bidang fesyen.

Cual dianggap memiliki potensi ekspor karena corak dan motifnya yang beragam dan hanya dimiliki oleh Babel.

Emilia sendiri menyambut baik digelarnya acara promosi daerah tersebut karena pihaknya  bergerak di bidang layanan pemasaran KUKM.

Smesco Indonesia juga sudah merevitalisasi paviliun provinsi di dalamnya menjadi tempat displai permanen, serta pusat promosi dan pemasaran produk unggulan KUKM daerah dari 34 provinsi di Indonesia.

“Kami membuka ruang bagi daerah mana pun untuk mengadakan kegiatan promosi produk unggulannya di Smesco Indonesia. Kerja sama sudah kami lakukan dengan beberapa daerah, yang terakhir dari Madura, Jawa Timur,” ujar Emilia.

Acara bertajuk Stunning Bangka Belitung dihadiri di antaranya Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bintang Puspayoga, dan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti. 

Hadir pula Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM Victoria BR Simanungkalit, Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman, Ketua Dekranasda Babel Melati Erzaldi, Ketua Dekranasda DKI Jakarta Fery Farhati Ganis dan Duta Koperasi Dewi Motik serta Sekda Babel Yan Megawandi.


Baca juga: Stunning of Bangka Belitung promosikan produk UKM unggulan Babel

Baca juga: Kain cual khas Babel didukung masuki pasar ekspor


 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2018